Bupati Maluku Tenggara (Malra) M Thaher Hanubun menyatakan Idul Adha 1441 Hijriah mengajarkan kesabaran bagi umat Islam di daerah ini.

Pernyataan itu  disampaikannya saat penyerahan hewan kurban untuk warga kurang mampu dan anak yatim piatu, bertempat di Islamic Center, Langgur, Kamis.

"Luar biasa ujian Allah SWT pada masa sekarang ini, di mana kita dihadapkan dengan pandemi COVID-19 yang mempengaruhi ibadah Haji bagi umat Islam yang ditandai dengan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban," ujar Bupati.

Karena itu, momentum hari raya kurban pada 2020 ini kita mengambil hikmahnya, bagaimana harus bersabar terhadap ujian yang dihadapi, termasuk kesiapan untuk menunaikan ibadah haji.

Menurut  Bupati , begitu banyak masyarakat yang sudah siap, bahkan ada orang yang setiap hari selalu menabung dari segala kekurangan, dari penghasilan seadanya, menabung dari tahun ke tahun, hanya dengan tujuan berangkat ke tanah suci untuk naik haji, tetapi gagal karena pemerintah Arab Saudi meniadakannya pada2020 kareena pandemi COVID -19.

Dia mengajak seluruh umat yang bertakwa kepada Allah SWT untuk berkurban dan tetap percaya bahwa kesempatan itu (berhaji) akan tiba dan indah pada waktunya.

"Akan datang waktu di mana kita semua akan diberi kesempatan untuk pergi ke tempat suci. Yakin dan percaya bahwa saat ini adalah ujian yang Allah SWT berikan kepada kita," kata Bupati.

Sedangkan, Asisten I Bidang Kesra dan Pemerintahan Pemkab Malra Abdul Hamid Ingratubun, menyatakan bahwa dasar dari  penyaluran hewan kurban diantaranya Al Quran surat Al Kautsar ayat 1-2, Keputusan Bupati Malra nomor 742 tanggal 6 juli 2020 tentang penetapan pemberian bantuan hewan kurban kepada fakir miskin dan yatim piatu di Malra, dan DPA Bagian Kesra tahun anggaran 2020.

Tujuan pelaksanaan mewujudkan rasa kepedulian sosial Pemkab Malra secara nyata kepada fakir miskin dan yatim piatu di kabupaten itu.

Adapun hewan kurban yang diserahkan yakni sapi sebanyak tiga ekor dan kambing empat ekor yang dananya bersumber dari APBD Malra, sapi 10 ekor dari Bupati Malra, sapi lima  ekor dan tiga ekor dari pimpinan OPD yang beragama Islam.

Ohoi ohoi yang akan menerima bantuan hewan Qurban tersebut di antaranya, Watdek Atas, Watdek Bawah, Pemda, Perumnas, Ohoi Hoat, Ohoi Denwet, Ohoi Tenbuk, Ohoi Dian Pulau, Mataholat, Tamangil Nuhuten, Ngursit, Ngan, Tamangil Nuhuyanat, Wain Ohoitom, Uf-Mar, Garara, Rahangiar dan Danar.

Acara penyerahan hewan kurban oleh Bupati kepada warga fakir miskin dan anak yatim secara simbolis disaksikan Sekda Pemkab Malra,  Kapolres Malra, Kasdim 1503 Tual, jajaran lingkup Pemkab Malra, tokoh agama, dan organisasi kepemudaan.
 

Pewarta: Sipriyanus Yanyaan

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020