Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Maluku Utara (Malut) mencatat berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium PCR Prodia, pasien positif virus corona di daerah itu bertambah enam orang.

"Sesuai hasil laboratorium Prodia, maka pasien positif baru bertambah menjadi enam orang dan secara keseluruhan Malut memiliki 1.680 pasien positif," kata Jubir GTTP COVID-19 Malut dr Alwia Assagaf,M.Kes melalui siaran pers yang diterima di Ambon, Senin.

Dia menyatakan, dengan tambahan pasien positif baru ini asal Halmahera Utara empat orang dan Kota Ternate dua orang ini, maka disebut sebagai kasus 1.675 sampai dengan kasus 1.680.

Sedangkan, untuk hari ini telah bertambah jumlah kasus suspek tujuh orang atau bertambah satu orang Halmahera Barat, kasus probabel tiga orang, kontak erat 82 orang.

Begitu pula, kata Alwia, untuk kasus sembuh COVID-19 bertambah empat orang, sehingga berjumlah 1.315 orang dinyatakan sembuh dan meninggal telah bertambah empat orang dari Tidore Kepulauan tiga orang dan Halmahera Barat satu orang, sehingga total meninggal COVID-19 mencapai 55 orang.

Alwia menambahkan saat ini sebanyak 13 orang menjalani masa karantina yang merupakan kasus positif COVID-19 di Sahid Bella Hotel.

Selain itu, kata Alwia, dengan masih meningkatnya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 ini, maka pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat agar melakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB) menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19 dengan tetap menjalankan protokol pencegahan secara ketat dalam setiap kegiatan yang dijalankan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020