Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan PCR dan TCM RSU Labuha dan Tidore, pasien positif baru bertambah 15 orang. 

"Penambahan 15 orang pasien positif baru itu tersebar di tiga kabupaten/kota di Malut," kata Juru Bicara GTTP COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes, di Ternate, Jumat.
 
Dia menyatakan, 15 pasien baru itu tersebar di Kota Ternate lima orang, Tidore Kepulauan sembilan orang dan Halmahera Selatan satu orang.

Olehnya itu, penambahan 15 orang pasien baru ini, maka jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 untuk Provinsi Malut hinggta 28 Agustus 2020 sebanyak 1.840 orang. 

Begitu pula, jumlah kontak erat sampai saat ini terjadi penambahan menjadi 157 orang, suspek sembilan orang, probabel tiga orang.

Menurut Alwia,  pasien sembuh hingga saat ini sebanyak 1.561 orang dan meninggal dunia 65 orang.

Kendati adanya penambahan pasien positif baru, tetapi saat ini tidak ada lagi pasien yang menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate. Kalau pun masih ada pasien positif, maka akan dipindahkan perawatannya ke Sofifi, ibu kota Provinsi Malut.

"Saat ini yang sementara dirawat di RSU dr Chasan Boesoirie Ternate sebanyak satu orang terkonfirmasi positif, RSU Soasio Tidore enam orang i, RSU Labuha,  Halmahera Selatan dua orang , RSU Tobelo, Halmahera Utara lima orang," kata Alwia.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020