Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) melakukan tes urine tahap II bagi lima bakal calon (balon) bertempat di Kantor BNNP Maluku Utara.

Ketua Tim Pemeriksa BNNP Malut, Hairuddin Umaternate di Ternate, Selasa, menjelaskan tahapan pemeriksaan urine yakni pengisian formulir bagi balon pasangan sesuaiccpernyataan komitmen P4GN setelah terpili..

Pemeriksaan ini merupakan rangkaian kesehatan bagi Balonpasangan balon  sebelumnya telah diperiksa urine sejumlah 41  dari delapan kabupaten/kota. 

Para baloanpasanga calon   yang diperiksa urine pada hari ini sejumlah lima Ubaid Yakub -  Azis Arafat bapaslon dari Kabupaten Halmahera Timur, udi Taslim -  wali kota Ternate, La Ode Arfan, bupati Halmahera Selatan dan Deni Palar, Bupati Halmahera Barat.

Seperti pemeriksaan urine sebelumnya di kesempatan  hari ini, pernyataan komitmen ini yang akan menjadi pegangan  dan akan ditagih jika terpilih yakni komitmen dari aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan narkotika di wilayah masing-masing dan kepada para pasangan balon  KPU serta Bawaslu yang hadir.

Ketua tim juga mengingatkan akan ada pertanyaan terkait strategi masing masing bapaslon untuk pencegahan dan pemberantasan Narkoba di dapil masing-masing pada saat debat kandidat nanti. Para Bapaslon selanjutnya diarahkan ke toilet dan dilakukan pengambilan urine dengan dikawal petugas pemeriksa. 

Dari pernyataan komitemen salah satu bapaslon menyatakan keseriusannya jika terpilih maka seluruh ASN sebelum dilantik harus tes urine dan akan melakukan penyuluhan pencegahan Narkoba di sekolah, selebihnya yang lainnya berkomitmen akan membangun kantor BNN Kabupaten.

Hasil pemeriksaan urine oleh BNNP Malut ini akan diserahkan ke KPUD kabupaten kota penyelenggara pemilukda 2020 di Provinsi Malut dan pemeriksaan urine yang dimulai pada kloter pertama (7-11 September 2020) dan dilanjutkan sejak (21/9) kemarin. 

Dengan demikian ke-46 bapaslon dari 8 Kabupaten/Kota, telah melakukan pemeriksaan urine di BNN Provinsi Maluku Utara  dilaksanakan secara tertib, aman dan lancar.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020