Kantor Basarnas Ambon Provinsi Maluku telah menyiapkan 94 personelnya untuk melakukan siaga SAR khusus libur nasional dan cuti bersama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 2020.

"Siaga khusus Basarnas dalam rangka libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 29 Oktober 2020 dimulai pada Selasa (27/10) sampai dengan  2 September 2020," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon,Djunaidi di Ambon, Rabu.

Sebagai langkah awal, Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon telah melaksanakan apel kesiapsiagaan dipimpin Djunaidi dan diikuti oleh seluruh personel maupun pejabat pelaksana.

Dalam apel siaga ini juga digelar berbagai peralatan angkut milik Basarnas untuk siap digunakan dalam menunjang pelaksanaan Siaga SAR Khusus.

"Seluruh personel agar tetap menjaga kesiapsiagaan, kesehatan, serta tetap patuhi protokol kesehatan selama bertugas di lapangan," ucapnya.

Sebab dalam masa pandemi COVID-19 saat ini Basarnas harus selalu siap kapan saja saat dibutuhkan, dan tetap menjalin koordinasi, komunikasi, dan sinergitas dengan potensi SAR, berbagai instansi terkait maupun aparat keamanan.

Sebanyak 94 orang personel yang disiagakan ini termasuk Pos SAR Banda, Pos SAR Namlea, Pos SAR Tual, dan Pos SAR Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Mereka dipersiapkan untuk Siaga SAR Khusus kali ini yang berfokus pada peningkatan kesiapsiagaan dan sinergitas dengan unsur SAR Patroli di fasilitas transportasi bandara, pelabuhan, dan tempat-tempat wisata seperti di Wilayah Kota Ambon," tandas Djunaidi.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020