Harga bawang putih yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon pada menjelang minggu ketiga Nopember 2020 turun, sedangkan bawang merah masih normal.

Di pasar tradisional Mardika, Batu Merah, dan pasar Lama, Jumat, para pedagang menawarkan harga bawang putih bervariasi yakni Rp28.000 hingga Rp30.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp40.000/Kg.

Sedangkan yang sudah dibersihkan dan siap dimasak Rp35.000/Kg, dan eceran Rp5.000/kantung plastik kecil.

harga bawang merah hingga kini maAdapun sih bertahan yakni Rp40.000/Kg, eceran Rp5.000/kantung plastik kecil.

"Sejak dua hari lalu harga bawang putih sudah turun di tingkat agen pemasok. Karena itu kami menjual dengan harga bervariasi Rp28.000 hingga Rp30.000/Kg,"ujar , pedagang di pasar Mardika, Nadsir..

Rita, pembeli yang ditemui seusai membeli satu kilogram bawang putih, mengaku sangat yebab harga bawang putih mulai turun. Padahal dua hari lalu masih dijual sama dengan bawang merah yakni Rp40.000/Kg.

"Saya berharap harga yang ditawarkan sekarang ini masih bertahan, apalagi sudah menjelang Desember 2020, karena biasanya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru harga kebutuhan pokok di pasar bergerak naik," ujarnya.

Sedangkan harga cabai merah masih normal dan bervariasi yakni Rp60.000 hingga Rp65.000/Kg, sedangkan cabai keriting panjang Rp50.000/Kg.

Pedagang di pasar Mardika, Ayub mengatakan situasi harga saat ini sudah menjadi hukum pasar dari hari ke hari, dan itu bisa dilihat harga cabai tidak selalu merata, hal ini disebabkan karena harga di tingkat agen pemasok juga tidak sama.

Dia mengatakan cabai yang dijual di pasar tradisional Ambon ini bukan saja dipasok dari petani lokal di Pulau Ambon, Pulau Buru, dan Pulau Seram, tetapi juga dipasok dari Sulawesi Selatan.

"Jadi pasti perbedaan harga di tingkat agen pemasok berbeda-beda yang mengakibatkan harga jual  kepada masyarakat di pasar juga bervariasi,"  Ayub.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020