Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara berhasil menemukan korban kecelakaan yang terjatuh dari longboat di perairan Kawasi Obi bernama Theis (52) dalam kondisi meninggal dunia.

"Korban ditemukan di hari kelima dalam pencarian pada Jarak 0.77 NM ke arah Utara dari LKP di perairan pulau Mala-Mala Pulau Obi dalam keadaan meninggal dunia," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Kamis.

Selanjutnya korban di evakuasi oleh Team Sar Gabungan dengan menggunakan RIB 01 Bacan menuju ke Desa Kawasi, korban kemudian diserahkan ke pihak keluarga untuk proses lebih lanjut.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengatakan dengan ditemukannya korban maka Team SAR Gabungan kembali ke Home Base untuk melakukan Debriefing, setelah dilaksanakan pencarian selama lima hari.

Selanjutnya seluruh unsur yang terlibat dalam operasi pencarian dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, melakukan pencarian terhadap seorang korban hilang bernama Theis yang terjatuh dari longboat di Perairan Desa Kawasi Pulau Obi, Halmahera Selatan.

Pencarian itu dilakukansetelah menerima laporan tersebut, satu team rescue unit siaga sar bacan diberangkatkan menuju LKP untuk melakukan operasi pencarian.

Menurut dia, dalam pencarian itu, tim Basarnas Ternate melaksanakan koordinasi dengan keluarga korban bernama Oni bahwa pencarian sudah dilaksanakan sampai pagi ini belum ditemukan korban Theis yang terjatuh dari longboat di perairan kawasi, Halmahera Selatan.

Dia menyebut, kronologisnya pada tanggal 13 November 2020, sekitar pukul 12.10 Wit Korban bersama dua orang temannya melakukan perjalanan dari Desa Kawasi Menuju Desa Galala dengan menggunakan longboat dan sekitar 12.40 WIT pada saat minum air di dalam longboat tiba tiba korban terjatuh dari longboat.

Melihat kejadian tersebut longboat yang sedang melaju kencang berputar kembali ke arah korban, kedua orang teman korban berusaha menyelamatkan korban namun korban sudah tenggelam.

Kedua orang tersebut langsung melakukan pencarian di sekitar LKP. Setelah sekitar 20 menit melakukan pencarian dan korban tidak ditemukan kedua orang teman korban kembali ke Desa Kawasi untuk meminta bantuan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020