Warga Negeri Laturake di Kabupaten Seram Bagian Barat meminta Kapolda agar bisa menyediakan sebuah kantor Polsek atau Pos Polisi khusus di wilayah Pegunungan Kecamatan Taniwel.

"Kami sangat berharap ada penambahan satu kantor Polsek secara khusus di wilayah Pegunungan Kecamatan Taniwel untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Raja Negeri Laturake TA Mawene saat menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri di Ambon, Jumat.

Menurut dia, pertemuan dan Kapolda Maluku ini sudah dilakukan untuk kedua kalinya karena sebelumnya dia juga telah melakukan langkah serupa untuk Kapolda sebelumnya dengan harapan yang tetap sama, yakni mengharapkan ada penempatan sebuah kantor Polsek definitif.

Ia mengaku, kedatangannya selain bersilaturahmi, juga ingin meminta kepada Kapolda kalau bisa menyediakan Polsek atau Pospol di wilayah pegunungan mengingat lokasi perkampungan di sana jauh berada di balik pegunungan Pulau Seram bagian barat.

"Lahannya sudah kami hibahkan dan sudah kami serahkan ke Polres SBB waktu dijabat oleh AKBP Agus Setiawan selaku Kapolres dan luas lahannya sekitar lebih dari setengah hektar," ucap Mawene.

Mengingat lokasi dan medan menuju wilayah tersebut di daerah pegunungan sangat jauh dan medan yang berat sehingga apabila terjadi gangguan Kamtibmas pasti lama penangannannya.

Menanggapi permintaan Raja Laturake, Kapolda Irjen Pol Refdi Andri langsung menghubungi Kapolres SBB AKBP Bayu Taridar Butar-butar melalui telepon genggamnya.

Kapolres diminta untuk segera menindaklanjuti permintaan Raja Laturake dengan menempatkan seorang Bhabinkamtibmas di Wilayah tersebut sekaligus menjadi Kapospol.

Kapolda meminta Kapolres menempatkan Bhabinkamtibmas agar dapat menanggulangi kerawanan-kerawanan Kamtibmas di sana sebab mengacu pada peraturan yang ada, di sebuah kecamatan hanya bisa menempatkan satu Polsek atau tidak bisa ditempatkan pada masing-masing wilayah pedesaan.

"Kami menyampaikan terima kasih, karena sudah jauh-jauh datang ke Ambon untuk menyampaikan permintaan baik tersebut," kata Kapolda dalam pertemuan yang didampingi Direktur Intelkam Kombes Pol Yosef Sriyono dan Kabid Humas Kombes Pol M Rum Ohoirat tersebut.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021