PT Pos Indonesia Cabang Ambon melaksanakan proses distribusi vaksin COVID - 19  yang dimulai tahap pertama di Kota Ambon.

Distribusi vaksin tahap pertama dilakukan di kota Ambon sebanyak 7.280 stok yang dikemas dalam empat boks, dibawa dari Dinas Kesehatan provinsi Maluku ke Instalasi farmasi Dinkes Ambon, kata Kepala Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Ambon, Herryanto S. Gampamole, di Ambon, Rabu.

"PT Pos diberikan tanggung jawab untuk mendistribusikan stok vaksin yang dimulai tahap pertama di kota Ambon, " katanya.

Dikatakannya, selain mendistibusikan vaksin juga logistik berupa Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 1.600 yang terdiri dari baju hazmat sebanyak 760 buah.

Untuk stok APD dalam waktu dekat juga akan didistribusikan ke kabupaten dan kota di Maluku.

"Setelah distribusi APD maka dilanjutkan dengan stok vaksin sesuai waktu yang ditetapkan Dinkes provinsi Maluku, " katanya.

Jadwal distribusi vaksin kata Herryanto menyesuaikan data Dinkes provinsi Maluku, setelah Ambon dilanjutkan ke Maluku Tenggara, Kepulauan Aru) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Sesuai rencana melalui jalur udara, diikuti kabupaten lainnya di Maluku melalui jalur darat. Ditargetkan 1×24 jam vaksin sudah tiba di daerah tujuan, mengingat daya tahan vaksin setelah dipacking itu 3×24 jam, " tandasnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021