Kepolisian Resor Maluku Tengah, Maluku, mengawal dan mengamankan pendistribusian vaksin COVID-19 di daerah itu termasuk saat penyimpanan di gudang.

Pemprov Maluku telah mendistrubusikan ribuan vaksin COVID-19 Sinovac ke seluruh kabupaten/kota termasuk wilayah Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur.

"Jatah vaksin untuk Maluku Tengah sudah kami terima dengan mendapatkan pengawalan aparat keamanan dan langsung dibawa ke gudang penyimpanan," kata Kapolres Maluku Tengah AKBP Rositah Umasugi dihubungi dari Ambon, Selasa.

Menurut dia, ribuan vaksin sinovac itu diangkut  menggunakan mobil boks milik Pos dan Giro Provinsi Maluku dan kini telah tiba di Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah.

Kapolres bersama sejumlah pejabat Pemda Malteng langsung menjemput ribuan dosis vaksin tersebut.

"Kami bersama muspida juga turut meninjau gudang penyimpangan ribuan vaksin itu biar dipastikan keamanannya terjamin," ucap Kapolres.

Total vaksin COVID-19 Sinovac yang dibawa ke Masohi adalah 4.040 dosis yang diangkut melalui transportasi laut dengan menumpang kapal motor penyeberangan feri Hunimua-Waipirit kemudian menuju Masohi lewat jalur darat.

Pendistribusian ribuan vaksin sinovac dari Kota Ambon ini juga mendapat pengawalan ketat dari personil Ditlantas Polda Maluku dan Polres Malteng.

Setelah dilakukan serah terima dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Kefarmasian Dinas Provinsi Maluku, Toria Sangadji, maka selanjutnya akan dilakukan pemindahan ke gudang obat yang telah disediakan oleh Pemkab Malteng.

"Proses pemindahan vaksin COVID-19 dari mobil Pos dan Giro dilakukan oleh petugas Pos Malteng untuk diamankan dalam ruangan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dinkes kabupaten.

Sedang vaksin untuk Kabupaten Seram Bagian Timur langsung dikawal personil Polres SBT untuk distribusikan dari Dinas Kesehatan Malteng melewati perjalanan darat menuju Bula, Ibu Kota Kabupaten SBT.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021