Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Nizar Ali dijadwalkan membuka Sidang Ke-38 Sinode Gereja Protestan Maluku di Ambon pada Minggu (7/2).

"Sekjen Nizar Ali sudah memastikan hadir mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk membuka Sidang Sinode GPM," kata Ketua Panitia Sidang Ke-38 Sinode GPM Tonny Pariella di Ambon, Sabtu.

Ia mengaku telah diberitahu oleh Kakanwil Kementerian Agama Maluku Jamadin Bugis perihal kehadiran Sekjen Nizar Ali untuk membuka sidang tertinggi lingkup GPM yang membawahi 34 klasis di Provinsi Maluku dan Maluku Utara tersebut.

Selain Sekjen Nizar Ali, katanya, juga akan hadir Ketua Umum Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom dan sekretaris umum Pendeta Jackvelyn Frits Manuputty. Mereka juga akan memimpin ibadah pembukaan Sidang Ke-38 Sinode GPM yang diikuti oleh 491 peserta dari 34 klasis itu.

Tonny mengatakan seluruh proses sidang yang berlangsung hingga 14 Februari itu untuk menilai pertanggungjawaban Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode GPM periode 2015-2020 dan memilih pimpinan tertinggi periode lima tahun mendatang. Acara itu dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Seluruh peserta siap mengimplementasikan dan mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan secara ketat dalam seluruh proses persidangan," katanya.

Selain menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun pada tempat yang telah disediakan panitia, seluruh peserta juga diwajibkan mengikuti tes cepat antigen yang dilakukan panitia pelaksana bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

"Sampai Sabtu malam tercatat sudah lebih dari 1.200 orang yang menjalani tes cepat antigen, baik panitia pelaksana, 491 peserta serta para pendukung acara. Langkah ini untuk mencegah munculnya klaster baru COVID-19 di Maluku dan Maluku Utara," katanya.

Kakanwil Kementerian Agama Maluku Jamadin Bugis yang dikonfirmasi secara terpisah juga membenarkan Sekjen Sekjen Nizar Ali akan hadir dan membuka Sidang Ke-39 Sinode GPM yang merupakan agenda tertinggi suksesi kepemimpinan Gereja Protestan Maluku tersebut.

"Setelah membuka sidang sinode, Sekjen Nizar Ali akan meresmikan penggunaan Asrama Haji Maluku di Desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Minggu (7/2). Setelah itu baru langsung kembali ke Jakarta," katanya.

Dia menegaskan telah berkoordinasi dengan panitia pelaksana maupun MPH Sinode GPM untuk pemantapan pembukaan sidang sinode oleh Sekjen Kemenag maupun peresmian Asrama Haji Maluku.

"Mudah-mudahan kedua agenda keagamaan ini berjalan lancar tanpa hambatan," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021