Satuan Brimob Polda Maluku kembali melakukan pengawalan ketat terhadap 3.230 vial vaksin COVID-19 yang baru didatangkan dari Jakarta melalui perjalanan udara dan masuk Bandara Internasional Pattimuta Ambon.

"Hari ini dilakukan pengawal terhadap vaksin COVID-19 tahap ke dua termin pertama untuk daerah Maluku," kata Wakil Komandan Detasemen Gegana Satbirmob Polda Maluku, AKP Denny Sandera di Ambon, Jumat.

Menurut dia,  proses pengawalan dilakukan mulai dari Bandara Pattimuara Ambon menuju tempat penyimpanan di gudang Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Proses pengawalan dilakukan guna memastikan keamanan dan kelancaran vaksin tersebut dari Bandara menuju Instalasi gudang penyimpanan.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawalan untuk memastikan vaksin COVID -19 tersebut aman sampai tujuan dan selanjutnya akan didistribusikan ke berbagai lokasi di daerah ini.

Pengawalan ini menggunakan dua unit kendaraan taktis APC, satu unit rantis KBR, dan satu rantis penjinak bom yang sudah bersiaga sejak pagi hari.

"Meski pun vaksin sudah ada, namun protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan sebab proses vaksinasi memerlukan waktu," ujar Denny.

Selain melakukan pengawalan vaksin yang baru tiba, personil Detasemen Gegana melaksanakan patroli Ke beberapa gudang penyimpanan vaksin COVID-19 yang berada di wilayah kota Ambon.

Kegiatan ini dilakukan untuk memantau dan mendatangi serta memastikan gudang penyimpanan vaksin di beberapa tempat seperti Puskesmas Lateri dan Puskesmas Passo dalam keadaan aman dan kondusif.

Diharapkan dengan kegiatan patroli ini petugas yang melakukan penjagaan vaksin merasa aman dan nyaman.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021