Puluhan lansia di Panti Sosial Werdha (PSW) Ina Kaka, Desa Passo, Kota  Ambon menjalani vaksinasi COVID-19.

Kepala dinas kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy, Selasa,  mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap dua diprioritaskan untuk lansia.

"Kita pada 2 Maret 2021 mulai dengan lansia di PSW Ina Kaka sebanyak 50 orang, yang akan melalui tahapan pemeriksaan kesehatan hingga vaksinasi, " katanya. sa.

Ia mengatakan, setelah tahapan pendaftaran, lansia akan diperiksa kesehatannya baik pemeriksaan tekanan darah, dan catatan kesehatan lansia.

Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan dan memastikan lansia benar-benar sehat, tidak ada penyakit yang harus menjadi perhatian untuk para orang tua, seperti jantung atau darah tinggi mau pun sakit gula.

"Tahapan pemeriksaan ditambah lima kriteria kerapuhan dari lansia, misalnya apakah lansia bisa jalan sendiri, kondisi tangan dan kaki apakah keram dan sebagainya," ujar Wendy.

Ia menjelaskan, lansia di kota Ambon yang akan divaksin sesuai data BPS sebanyak 29 ribu.

Arahan dari Kemenkes, tahap awal vaksinasi lansia sebanyak 38 persen atau sekitar 11 ribu orang.

"Data lansia mandiri juga terbagi tingakatan, untuk mandiri tipe A Seperti lansia di ina kaka ini yang datang sendiri ke lokasi vaksinasi tanpa dibantu petugas atau pihak keluarga," katanya.

Lansia yang telah menerima suntikan vaksin pertama akan dilanjutkan 28 hari kedepan.

"Untuk usia 18-59 tahun waktu vaksinasi 14 Hari, sedangkan usia 60 tahun keatas 28 hari," tandasnya.

Kepala UPT PSW Ina Kaka Abdul Djalil Rumasukun menambahkan, warga senior di Ina Kaka yang terdata mengikuti vaksinasi sebanyak 50 orang.

"Yang sudah terdaftar dan akan menjalani vaksinasi kurang lebih 40 orang, sebagian dalam kondisi sakit karena faktor usia, selanjutnya tim kesehatan akan mengunjungi lansia tersebut," tandasnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021