Sejumlah perempuan di tambang emas Gosowong Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) mendapat posisi strategis di perusahaan tambang itu dalam momentum hari lahirnya Raden Ajeng Kartini  pada 21 April 2021.

Manajer Komunikasi PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) , Ramdani Sirait dihubungi dari Ternate, Rabu, menyatakan, saat ini ada 166 karyawan perempuan di PT NHM, baik yang bekerja di kawasan tambang di Gosowong, di kantor Jakarta maupun di Manado. 

"Menariknya, sejak dipimpin oleh Haji Robert, jumlah perempuan di level manajemen saat ini ada empat orang yaitu satu di posisi General Manager dan tiga  manager. Sebelumnya hanya ada satu perempuan di level manajemen. Begitu juga untuk level superintendent dan supervisor, jumlahnya bertambah," jarnya.

Dia merujuk , di tambang emas Gosowong, di Kabupaten Halmahera Utara, pemikiran tentu lebih mengarah kepada laki-laki sebagai penggerak suatu perusahan. 

Namun hal itu ditepis dengan keberadaan perempuan yang sangat bersemangat serta terlihat jelas. Para perempuan Indonesia dari berbagai wilayah di Indonesia, terutama yang berasal dari Maluku Utara dan Kabupaten Halmahera Utara saat ini bekerja dan berkarir di tambang yang dikelola oleh PT. NHM. 

Berbeda dengan PT. NHM sebelumnya.  Kini sejak mayoritas sahamnya diambil alih oleh Indotan yang dipimpin oleh Haji Robert Nitiyudo, keberadaan perempuan di perusahaan tersebut semakin diapresiasi. Pada  21 April 2021 mereka semua merayakan emansipasi itu. Acara perayaan Hari Kartini itu dilaksanakan di dalam kawasan Tambang Gosowong dihadiri para karyawati dan General Manager Planning and Production PT. NHM, Rado Lawolo.

Ramdani menyatakan, keberadaan perempuan di industri tambang memberi nilai tambah bagi perusahaan-perusahaan tambang terutama tentang kesetaraan (equality) karena perempuan juga bisa bekerja dan berkarir bahkan memimpin di dunia usaha yang dulunya diindentikan dengan dunianya laki-laki. 

"Di  tambang emas Gosowong ada perempuan yang menjadi operator kendaraan Articulated Dump Truck (ADT) dengan berat sekitar 14 ton dan material yang diangkut bisa 20 ton lebih. Juga ada mining engineer perempuan yang bekerja di unit tambang Toguraci dan Kencana. Ini adalah bukti bahwa perempuan memang bisa sejajar dengan laki-laki. Olehnya itu, PT.NHM sangat mengapresiasi keberadaan perempuan dengan meningkatkan partisipasi perempuan tersebut di aktivitas yang berkaitan langsung dengan tambang maupun di sektor penunjang lainnya," ujarnya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021