Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Risyapudin Nursin, mengecek  kesiapan pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU)  meliputi pengamanan dan pengawalan  pendistribusian logistik dari KPUD hingga ke tingkat PPS.

"Seluruh personel telah siap melaksanakan pengamanan PSU dan dipastikan masyarakat dapat menggunakan hak suaranya dengan aman dan nyaman," kata Kapolda di Ternate, Selasa.

Dalam peninjauan tersebut Kapolda meninjau  pos pengamanan Polisi dan lokasi TPS di Desa Tetewang, Desa Rawajaya dan dua TPS khusus di PT.NHM. 

Dia mengtakan, seluruh petugas keamanan wajib netral dalam bertugas serta melaksanakan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ada serta melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan.

Kapolda menekankan kepada personel pengamanan TPS, PPS serta perangkat desa agar dalam pendistribusian dokumen C-6 surat undangan pemungutan suara harus benar-benar tersampaikan kepada yang berhak memilih. Apabila tidak tersampaikan petugas harus memiliki bukti, alasan yang kuat dan dapat dipertanggung jawabkan.  

Dia  juga mengingatkan agar koordinasi antarpemangku kepentingan dilaksanakan dengan baik sehingga pelaksanaan PSU dapat terlaksana dengan baik dan mengutamakan protokol Kesehatan.

Sedangkan, Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan, yang turut serta dalam pengecekan tersebut mengemukakan,  selain personel pengamanan TPS, Polda setempat  juga mengeerahkan Tim Asistensi yang dipimpin Kapolda Risyapudin untuk menjamin situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif sehingga pelaksanaan PSU berjalan lancar. 

Dia menjelaskan untuk penempatan personil tersebar di enam TPS, yakni TPS 1 dan 2 Desa Supu,  Kecamatan Loloda Utara sebanyak 22 personil, TPS 07 Desa Rawajaya  Kecamatan Tobelo 11 personil, TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk 1 personil serta dua TPS khusus di PT. NHM sebanyak 11 personil. 

Polda Malut juga menyiagakan satu SST Dalmas Dit Samapta yang ditempatkan di Polsek Kao, satu SST PHH Brimob di Desa Tetewang, satu SST PHH Brimob  di Desa Supu Loloda Utara, sedangkan Polres Halut telah menyiapkan 140 persone..

Kabid Humas juga mengimbau masyarakat Kabupaten Halut  agar menciptakan situasi aman dan kondusif pada PSU Pilkada. 

"Kepada seluruh lapisan masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan simpatisan calon agar dapat menahan diri, serta siap menerima hasil dari pilihan rakyat pada 28 April 2021," tandasnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021