Komandan Lantamal IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono mengatakan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja di Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku guna meresmikan kesatrian TNI-AL di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.

"KSAL direncanakan akan melakukan kunjungan kerja di Kota Ambon pada  15 Juni 2021 untuk meresmikan ksatrian TNI-AL dan kantor Guspurla Koarmada III," kata Danlantamal di Ambon, Selasa.

Penjelasan tersebut disampaikan saat Danlantamal IX Ambon bersilatuirahim dengan Kapolda Maluku Irjen Pol Refli Andri.

Menurut dia, rencana kunjungan kerja KSAL ini juga didampingi sejumlah pejabat tinggi TNI-AL lainnya.

"Saya menyampaikan bahwa nanti pada 15 Juni 2021 akan ada kunjungan dari KSAL didampingi Asrena, Aslog dan Aspotmar Lantamal IX Ambon," ujar Dantalamal.

Untuk itu dimohonkan bantuannya dari Polda Maluku, apabila nanti ada kekurangannya atau bila TNI-AL membutuhkan pengamanan dan pengawalan.

Rencana kedatangan KSAL untuk peresmian nanti diharapkan Kapolda Maluku bersama Gubernur dan Pangdam Pattimura dapat beriringan melakukan pendampingan.

Sedangkan,  Kapolda Irjen Pol Refdi Andri menyambut baik rencana kunjungan kerja KSAL yang disampaikan Danlantamal IX/ Ambon.

"Terima kasih atas diberitahukannya rencana kegiatan kunjungan KSAL. Kami siap untuk membantu kelancaran kegiatan dimaksud, dan diharapkan terlaksana dengan sukses, aman dan lancar," ujarnya. 

Terkait dengan pengawalan dan pengamanan, Karo Ops Polda Maluku akan berkoordinasi dengan Direktur Lantas dan Kapolresta Ambon.

Kapolda mengaku pada 15 Juni  2021 juga bertepatan dengan kegiatan serah terima jabatan di Mapolda Maluku.

"Kita juga ada kegiatan serah terima jabatan pada 15 Juni 2021.Namun, ditangguhkan setelah makan siang. Kita akan membantu Danlantamal melancarkan kegiatan ini," tandas Kapolda. 

Kapolda juga menyampaikan jika dibutuhkan Gugus, maka Karo Ops akan berkoordinasi dengan Dansat Brimob. 

Baca juga: TNI AL siapkan Desa Matakus sebagai Kampung Bahari Nusantara
Baca juga: 25 putra Malut ikuti pendidikan TNI-AL gelombang I 2021 di Sorong
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021