Dinas Pariwisata Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan puluhan pelaku usaha di kawasan objek wisata telah menjalani tes usap PCR (Polymerase Chain Reaction) guna mengantisipasi tingginya angka penyebaran COVID-19 di daerah tersebut.

Kepala Dinas Parawisata (Kadispar) Kota Ternate, Rizal Marsaoly di Ternate, Selasa, menyatakan pihaknya memfasilitasi puluhan pelaku usaha ekonomi kreatif bidang parawisata di Ternate untuk menjalani tes usap (swab) PCR di rumah sakit daerah setempat. Tujuan dari pemeriksaan tersebut untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 karena Ternate kini sudah masuk zona merah, sekaligus memberikan kepastian untuk pelaku usaha bahwa mereka sehat guna mendukung bangkitnya sektor pariwisata Ternate.

"Pelaku usaha bidang parawisata bisa beraktivitas, tetapi ikut aturan yang ada, salah satunya dengan menjalani tes swab COVID-19," katanya.

Baca juga: Satgas COVID-19 Ternate tes antigen warga berkeliaran tanpa masker

Menurut dia, hasil tes swab puluhan pelaku usaha seluruhnya dinyatakan negatif COVID-19. Ia bersyukur atas hasil tes tersebut yang menunjukkan bahwa dukungan pelaku pariwisata dalam menekan tingginya penyebaran COVID-19, terutama di kawasan objek wisata, cukup tinggi.

Selain itu, ia juga meminta bagi pelaku usaha pariwisata yang baru saja bangkit berusaha di Ternate, untuk tetap mengikuti aturan ini terutama disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19. Sebabnya, kondisi pandemi COVID-19 tidak bisa dihindari, melainkan harus dilihat upaya untuk beradaptasi dengan situasi.

Baca juga: Satgas COVID-19 berlakukan tes usap antigen penumpang tiba di Ternate, begini penjelasannya

"Saya harapkan masyarakat, terutama warga di kawasan objek wisata untuk mendukung pemerintah guna menekan tingginya penyebaran COVID-19, bahkan ini sudah dibicarakan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, kita saat ini harus gas-rem, jika tidak penyebaran COVID-19 meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Operasional Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Muhammad Arif Gani menyatakan, tim Satgas COVID-19 telah melakukan tes swab bagi seluruh pelaku usaha di tempat wisata selama dua hari pada 11 dan 12 Juli 2021. Mereka berasal dari sejumlah tempat wisata di Ternate, salah satunya di objek wisata Pantai Sulamadaha. Menurut dia, seluruh pelaku usaha di tempat wisata Ternyata yang ikut tes dinyatakan negatif COVID-19. 

Olehnya itu, dia mengimbau kepada masyarakat di Kota Ternate, agar bersama-sama dengan pemerintah untuk memerangi penularan COVID-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Satgas COVID-19 Ternate awasi kegiatan kumpulkan massa, begini penjelasannya
Baca juga: BPBD Ternate cek ketersediaan tabung oksigen, begini penjelasannya

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021