Lima perwira menengah (Pamen) Polda Maluku berpangkat komisaris besar polisi (KBP) mengikuti seleksi terpadu program Pendidikan Regional (Dikreg) ke-31 Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri tahum 2022, di Ambon, Rabu.

Para Pamen itu  juga dijadwalkan mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIII dan LXIV Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas),  dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI tahun 2022.

Guna mendukung pelaksanaan proses seleksi Dikrek ke-31 Sespimti, PPRA LXIII dan LXIV Lemhanas dan PKN Tingkat I LAN RI, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Maluku menggelar penandatanganan Pakta Integritas juga pengambilan sumpah panitia pelaksana dan peserta di ruang rapat utama Mapolda Maluku.

Penandatanganan Pakta Integritas dilakukan secara virtual oleh Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, didampingi Direktur Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) Kombes Pol Wirdenis Herman dan Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Maluku Kombes Pol dr Subur, serta sejumlah pejabat tinggi di lingkup Polda Maluku.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M Rum Ohoirat mengatakan sesuai dengan persyaratan, harus perwira menengah, hanya lima personel Polda Maluku dengan pangkat KBP  yang mengikuti seleksi Sespimti. Karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, kegiatan penandatangan pakta integritas sebagai tanda pembukaan seleksi tersebut dilaksanakan secara virtual dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Total peserta yang mengikuti seleksi Sespimti, PPRA dan PKN tahun anggaran 2022 berjumlah lima orang. Personel yang ikut seleksi sespimti ini dengan kriteria berpangkat KBP," ujarnya.

Beberapa waktu sebelumnya 57 bintara Polri berpangkat Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) yang bertugas di Polda Maluku juga mengikuti seleksi kenaikan pangkat, yakni Pendidikan Alih Golongan (PAG) tahun 2021.

PAG merupakan seleksi pengalihan golongan kepangkatan dalam kepolisian dari bintara berpangkat Aiptu ke Perwira Polri (Ipda).
Pelaksanaan PAG Polda Maluku dibuka oleh Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes di Aula Command Center Polda Maluku pada 1 September 2021.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021