Kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di kawasan Batu Kuda, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku yang digelar Kodam XVI/Pattimura pada 6-7 Oktober 2021 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-76, melampaui target 1.000 orang.

"Target kami 1.000 orang tapi jumlahnya meningkat melampaui dari yang ditargetkan untuk vaksinasi COVID-19 selama dua hari. Hari pertama ada 555 orang dan untuk hari kedua hingga pukul 16.00 WIT tadi total sudah dari 1.100 orang," kata Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura Kolonel Adi Prayoga di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan serbuan vaksinasi COVID-19 yang digelar Kodam XVI/Pattimura selama dua hari menggunakan vaksin Sinovac untuk dosis satu dan dua. Selain untuk memperingati HUT TNI, kegiatan itu juga dilaksanakan untuk memenuhi target pencapaian vaksinasi di Provinsi Maluku dan nasional.

Dengan terlampauinya target lebih dari 1.000 penerima vaksin dapat menjadi indikator distribusi dan percepatan program vaksinasi berjalan dengan baik, karena secara umum kegiatan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Maluku belum maksimal.

"Di Kota Ambon sudah lebih dari 70 persen tapi di luar Ambon masih di bawah itu, sehingga dengan kegiatan vaksinasi selama dua hari ini kita berupaya bisa berkontribusi untuk pencapaian target vaksinasi di provinsi maupun nasional," ucap Kapendam.

Dikatakannya lagi, kegiatan vaksinasi massal di kawasan Batu Kuda Desa Tulehu melibatkan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Tingkat II Prof J.A. Latumeten dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M Haulussy Ambon. Jumlah peserta vaksin hari pertama dan kedua sangat banyak tapi tidak semua lolos skrining.

Hari pertama pelaksanaan vaksinasi pada Rabu 6 Oktober 2021 dihadiri oleh para pejabat Kodam XVI/Pattimura, di antaranya Pangdam Mayjen TNI Bambang Ismawan, Kasdam Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Brigjen TNI Heri Sapari, Irdam Brigjen TNI Dwi Darmadi, para Asisten Kasdam XVI/Pattimura dan kepala badan pelaksana Kodam (Kabalak) XVI/Pattimura.

Pangdam beserta rombongan meninjau sekaligus membagikan bingkisan sembako kepada masyarakat yang mengikuti vaksinasi.

"Vaksinasi massal yang dilaksanakan Kodam XVI/Pattimura untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, total sudah lebih dari 80.000 orang, kata Kapendam Kolonel Adi Prayoga.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021