Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Maluku menjamin stok beras yang tersedia di gudang sebanyak 11.000 ton dan bisa memenuhi permintaan masyarakat setempat di Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut) hingga empat bulan ke depan.

"Stok beras yang ada di gudang-gudang Bulog Divre Maluku masih dalam posisi aman, ada 11.000 ton lebih, masih bisa mengisi permintaan pasar hingga empat bulan ke depan," kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Divre Maluku, Hamdani di Ambon, Rabu.

Di gudang Bulog Maluku sebanyak 10.000 ton lebih, rinciannya sebanyak 4.000 ton lebih tersimpan di gudang Bulog Kota Ambon, Kota Tual, dan gudang Kota Saumlaki, dan ditambah dengan 5.000 ton lebih masih dalam perjalanan dari Jawa Timur.

Sedangkan yang tersedia di gudang Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara saat ini stok beras sebanyak 1.000 ton lebih.

Baca juga: Dirut Bulog Budi Waseso cek stok beras Maluku, begini penjelasannya

Karena itu, masyarakat yang ada di dua wilayah ini tidak perlu khawatir, terutama saat menghadapi cuaca ekstrem dan suplai beras di pasar lokal menurun.

Bulog Divre Maluku juga sampai sekarang ini masih terus menggelar operasi pasar (OP), salah satunya dengan menjual beras seharga Rp10.000 per kilogram, guna menjaga kestabilan harga beras di pasaran.

Dia menjelaskan, kalaupun nantinya stok beras tidak mencukupi hingga akhir tahun, pengadaan bisa dilakukan dari daerah penghasil seperti Makassar dan Jawa Timur.

"Sekali lagi masyarakat tidak perlu takut menghadapi cuaca yang kurang menguntungkan seperti sekarang yang masih dilanda musim penghujan, sebab kalau sampai Bulog Maluku terjadi kekurangan stok, maka kita siap pengadaan dari Makasar atau Jawa Timur, karena ketersediaan stok beras harus ada di gudang Bulog," ucap Hamdani.

Dikatakannya lagi, selain beras, stok kebutuhan masyarakat lainnya yang tersedia di gudang Bulog Divre Maluku sekarang ini adalah gula pasir dan minyak goreng. Sedikitnya ada 124,544 Kg gula pasir di gudang Bulog Ambon dan 182,594 kilogram di gudang Kota Ternate.

Sedangkan minyak goreng tersedia hanya di gudang Bulog Ambon sebanyak 18,444 liter, sedangkan tepung terigu 14,862 Kg di gudang Kota Ambon.

Baca juga: Ketersediaan beras Bulog di Malut aman hingga Desember 2021, begini penjelasannya
Baca juga: Bulog: stok beras untuk Maluku-Malut cukup hingga Januari 2022, jaga stabilitas harga

Pewarta: John Soplanit

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021