Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional Ambon, Mustari mengatakan, telah menyiagakan personel serta peralatan penunjang di laut dan darat untuk siaga khusus menjelang liburan akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022.

"Setiap menjelang libur panjang untuk perayaan hari-hari besar keagaaman, tim SAR selalu disiagakan dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi pada masyarakat," kata Mustari di Ambon, Senin.

Menurut dia, tim SAR selalu disiagakan termasuk untuk liburan natal maupun tahun baru,

"Kami masih menunggu surat dari pusat untuk pelaksanaan kegiatannya di lapangan," ujar Mustari.

Untuk itu seluruh personel dengan didukung peralatan SAR,  baik di Ambon, Pos SAR Namlea, Kabupaten Buru, Kota Tual, Banda (Maluku Tengah) hingga Unit siaga SAR Dobo Kabupaten Kepulauan Aru, Pos SAR Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan dilibatkan.

Seluruh personel Basarnas bisanya akan melaksanakan siaga SAR khusus pada berbagai lokasi objek wisata, bandara, maupun pelabuhan kapal laut maupun penyeberangan feri.

Untuk liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, pemerimtah juga telah mengagendakan pemberlakukan PPKM level tiga di seluruh wilayah Indonesia guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021