Program Electrifying Agriculture mendorong peningkatan produktivitas perkebunan buah naga di Desa Leawai, Kobisonta, Kabupaten Maluku Tengah.

Peningkatan produktivitas buah naga membuat Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Masohi, berinisiatif membantu hasil panen Petani buah naga dan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menghadirkan Krupuk Buah Naga PIKK (KruPIKK), Ketua PIKK PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Yani Adams Yogasara, Selasa.

Ia mengatakan, berangkat dari hasil panen buah naga yang melimpah, belum diimbangi peningkatan permintaan secara signifikan bepengaruh pada harga jual.

PLN melalui PIKK PLN UP3 Masohi melihat peluang, menjadi tutor yang menghubungkan antara petani dan UMKM dalam peningkatan nilai dari hasil panen buah naga itu sendiri.

"Setelah mendengar gagasan dan melihat upaya pengemasan yang menarik dari PIKK UP3 Masohi, mendorong kami untuk membantu proses pemasaran produk," katanya.

Dijelaskannya, proses pembuatan mulai dari persiapan bahan dan pengolahan buah naga menjadi KruPIKK dilakukan oleh UMKM di bawah pengawasan dan binaan PIKK.

Alat yang digunakan dalam pengolahan KruPIKK ini juga telah berbasis Electrifying Lifestyle, yaitu dengan menggunakan slicer, kompor induksi, spinner dan sealer.

"Setelah KruPIKK jadi, pengepakan dan pemasaran dibantu juga oleh kami dari PIKK PLN," katanya.

PLN melalui program Electrifying Agriculture terus berupaya untuk mendorong peningkatan produktivitas hasil pertanian dengan pemanfaatan energi listrik.

Melalui kehadiran KruPIKK ini, PLN bersama PIKK PLN juga turut berupaya untuk meningkatkan nilai tambah produk hasil olahannya sehingga diharapkan dapat membantu peningkatan produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Tidak hanya melalui KruPIKK, tetapi juga berbagai inovasi produk olahan lain bersama UMKM lainnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021