Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate melaksanakan apel siaga SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan kesiapsiagaan seluruh personelnya dilengkapi dengan ketersediaan alutsista.

"Pelaksanaan siaga SAR khusus kali ini dilaksanakan selama 19 hari dimulai 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, di mana Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal," kata Kepala Kantor Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, Sabtu.

Dia menyatakan, pada kegiatan kesiapsiagaan SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas. Namun, tidak hanya itu Basarnas juga siap bilamana adanya potensi terjadinya kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian khusus dari Basarnas.

"Untuk mendukung siaga SAR khusus ini, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate telah menyiapkan Alutsista SAR yang bisa digunakan seperti pada Alut air yaitu dua kapal, tiga RB dan perahu karet. Kapal KN SAR 237 Pandudewanata di Ternate dan RB 309 Ternate di Bacan Kabupaten Halmahera Selatan," ujarnya. 

Sementara RIB berada Ternate, Tobelo dan Sanana. selain itu, juga telah disiapkan Alut darat yang digunakan untuk mobilitas personel akan melaksanakan patroli nantinya.

Bukan hanya di Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Siaga khusus ini disiagakan personel dan Alut di Pos SAR Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Unit Siaga SAR Bacan Kabupaten Halmahera Selatan, Unit Siaga SAR Sanana Kabupaten Kepulauan Sula dan Unit Siaga Sar Morotai Kabupaten Pulau Morotai. 

Sebab, jumlah personel Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate yang disiagakan pada Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan tahun 2022 ini berjumlah 72 personel.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021