Satuan Lalu Lintas Polres Ternate, Maluku Utara (Malut), melaksanakan operasi rutin di Kota Ternate menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru tahun 2022 agar masyarakat dapat mengutamakan disiplin protokol kesehatan dan keselamatan berkendara.
 
Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksamada melalui Kasat Lantas Iptu Rachman Ashari di Ternate, Selasa, mengatakan, natal dan tahun baru ini Polres Ternate akan melaksanakan operasi rutin untuk membatasi kegiatan masyarakat kemudian menertibkan pengendara.

"Intinya masyarakat lebih tertib dan lebih menjaga disiplin protokol kesehatan karena kegiatan rutin ini fokus kita adalah perlengkapan berkendaraan," kata Rachman.

Selain itu, kata Rachman, untuk perlengkapan berkendaraan pihaknya juga akan disiplin protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh para pengendara. Kemudian juga untuk percepatan proses vaksinasi ini.

"Sehingga, masyarakat tetap taati aturan berlalulintas karena vatalitas kecelakaan itu bisa bertamba para degan bermulanya pelanggaran," ujarnya.

Baca juga: Polres Ternate akan razia kartu vaksinasi di kawasan keramaian, perangi corona

Apalagi kebiasaan masyarakat Ternate menganggap remeh penggunaan helm, padahal pengunaan helm itu sangat penting sekali melindungi diri, juga apabila terjadi kecelakaan bisa mengurangi vatalitas korban laka tersebut karena kepala juga terlindungi. 

Dia menyebut, masyarakat menggunakan kendaraan dengan standar atau sebagaimana bentuknya dan tidak mengganti atau mengganti kenalpot yang sering terjadi di Ternate ini yaitu pengunaan kenalpot tidak standar berdampak dimana-mana karena suara bising itu sangat menggangu ketenangan masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitas lain Ibadah dengan adanya kenalpot "racing".

"Kami mengimbau juga kepada masyarakat yang masih belum menggunakan kendaraan bermotor tidak sesuai dengan standar agar di kembalikan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Baca juga: Oknum polisi tersangka pencabulan di Maluku Utara kalah praperadilan
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021