Data Dinas Kesehatan Kota Ambon menunjukkan capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun sebanyak 20.982 anak atau 66,1 persen.

"Hingga hari ini capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun tahap pertama mencapai 20.982 orang atau 66,1 persen dari target 31.784," kata Kadis Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, vaksinasi anak diberikan sebanyak dua kali dengan interval minimal 28 hari setelah pemberian vaksin pertama.

Tahap pertama dimulai 11 Januari 2022 yang dilaksanakan serentak di sejumlah lokasi sekolah di Ambon.

"Hari ini sesuai jadwal anak-anak sudah masuk vaksinasi tahap kedua, antusias orang tua yang membawa anak cukup tinggi, kami masih mendata capaiannya karena pelaksanaan terbuka hingga sore, nanti baru saya update data capaian vaksinasi tahap dua, " kata kadis.

Baca juga: Kapolda Malut harap vaksinasi anak diintensifkan, perangi COVID - 19

Ia menjelaskan, sebelum pemberian vaksin dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh tim Nakes.

Setelah dinyatakan sehat oleh dokter dan perawat, dilanjutkan disuntik vaksin COVID-19 jenis Sinovac yang akan diberikan dalam jumlah dua dosis yang sama takaran dengan kelompok dewasa, yakni 0,5 mili dengan jeda 28 hari.

Pemberian vaksin diharapkan dapat menekan penularan kepada kelompok umur lainnya sekaligus mempercepat pencapaian "herd immunity"

"Kami berharap dukungan dari semua pihak, terutama para orang tua dan guru untuk mendampingi dan bekerjasama dengan petugas kesehatan," katanya.

Baca juga: Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Maluku baru 11,50 persen, begini penjelasannya

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022