Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/ Ambon bekerja sama dengan Yayasan Celebes Cleft Center (YCCC) Makassar menggelar pelayanan operasi bibir sumbing gratis di Kota Ambon, Provinsi Maluku,pada  9 hingga 12 Maret 2022.

Komandan Lantamal IX,  Brigjen TNI Said Latuconsina,  Rabu,  membuka pelayanan operasi bibir sumbing gratis yang dipusatkan di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. FX Suhardjo di Kecamatan Baguala.

"Semoga seluruh proses operasi berjalan aman, lancar, dan selanjutnya bisa menjangkau masyarakat lain wilayah terpencil di provinsi Maluku," katanya.

Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. FX Suhardjo Letkol Laut (K) drg. Bambang Teguh Hariyoso mengatakan bahwa setidaknya sudah ada 53 orang yang mendaftar untuk memperoleh pelayanan operasi bibir sumbing gratis.

"Peserta yang akan mengikuti operasi tidak hanya dari Kota Ambon saja, tetapi sebagian juga datang dari desa-desa di luar Pulau Ambon," katanya.

Pembina YCCC Makassar Bahruddin Thalib mengatakan bahwa penyelenggaraan pelayanan operasi bibir sumbing gratis ditujukan untuk membantu penderita bibir sumbing.

"Para penderita bibir sumbing sering kesulitan untuk makan, bernafas, dan berbicara... Mereka sering merasa minder, bahkan dikucilkan dengan bibir yang tidak normal sejak lahir. Jadi, operasi gratis yang dilakukan saat ini akan membantu anak-anak dengan kondisi bibir sumbing menjadi lebih percaya diri dan mendapatkan kesempatan hidup produktif seperti anak-anak Indonesia lainnya," tandas Danlantamal.

 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022