Pabrik plastik PT Milion Limbah Ambon akan mengolah sampah plastik di Provinsi Maluku untuk menjadi bahan baku produk berupa biji plastik.

"Pabrik plastik hanya mengolah sampah menjadi bahan baku produk, setelah itu kita kirim ke pulau Jawa untuk diolah menjadi kantong plastik dan bahan plastik lainnya," kata Komisaris PT Milion Limbah Ambon Hendra Thiemalattu , di Ambon, Rabu.

Pabrik plastik tersebut dalam proses pembangunan di Negeri Hutumuri, Kota Ambon. Hendra mengatakan, pemanfaatan limbah plastik dengan cara mengolahnya kembali merupakan upaya untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan. Pemanfaatan sampah plastik bisa dilakukan dengan daur ulang (reuse) maupun daur ulang (recycle).

"Proses daur ulang sudah menjadi harga mati untuk menanggulangi krisis sampah plastik ini," katanya.

Baca juga: Wali Kota Ambon: kehadiran pabrik plastik bantu atasi masalah sampah

Ia mengatakan sampah plastik yang dikumpulkan pemulung akan dipilah dan dimanfaatkan sebagai bahan baku produk daur ulang.

"Kita memisahkan sampah biasa dan sampah plastik, selanjutnya akan diolah menjadi biji plastik,"katanya.

Ia menjelaskan, pembangunan pabrik plastik di Ambon secara tidak langsung akan menyerap tenaga kerja di sekitar lingkungan pabrik.

Tenaga pemilah sampah kurang lebih ada 150 orang, staf pengawas dan lainnya 30 orang, belum ditambah tenaga pemulung sampah.

"Kehadiran pabrik plastik ini bukan hanya mengurangi sampah plastik tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita targetkan pembangunan pabrik ini selama enam bulan ke depan," katanya.

Baca juga: Peneliti BRIN : Sampah plastik dominasi hutan mangrove Teluk Ambon, kelestarian lingkungan terancam
Baca juga: Masyarakat Ambon diminta ikut atasi tumpukan sampah di kawasan Ahuru, dorong kesadaran warga

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022