Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut), menyediakan tempat takjil buka puasa pada bulan Ramadhan untuk para pedagang musiman.

Kepala dinas Disperindagkop dan UKM Halteng, Ahmadiarsyah di Ternate, Kamis, mengatakan, untuk Ramadhan tahun ini para pedagang takjil di depan Mesjid Raya Weda akan dipindahkan ke
Pasar Fidi Jaya.

"Sesuai arahan Bupati Halmahera Tengah, pada Ramadan nanti para pedagang takjil, semuanya akan diarahkan ke halaman pasar Fidi Jaya dan Kita akan tetapkan pedagang takjil pada satu titik biar lebih teratur dan tidak mengganggu arus lalu lintas, apalagi berada di depan mesjid raya," ujarnya.

Baca juga: Tradisi "Bantai Adat" di Jambi, daging dari ratusan kerbau terjual dalam empat jam

Menurut dia, pedagang takjil yang dikumpulkan di halaman pasar Fidi Jaya itu tidak dipungut biaya.

Sedangkan, untuk tenda pedagang takjil itu mereka masing-masing pedagang yang siapkan dan tenda itu sebelumnya sudah kita bagikan ke masing-masing pedagang jadi mereka yang pasang sendiri.

Bahkan, untuk jumlah tenda pedagang takjil yang akan ditempatkan itu sebanyak 20 tenda.

Sementara itu, di tempat terpisah, Sekretaris Dispar Kota Ternate, Imran Basalem menyatakan, bakal menertibkan pedagang musiman yang ada di bahu jalan area wisata Batu Angus Kulaba, terutama pada saat bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

Di mengatakan, penertiban akan dilakukan dalam waktu dekat, bahu jalan bisa terlihat rapid an para pedagang yang berjualan buah durian, akan ditata sehingga tidak terlihat semrawut.

Apalagi, ini sudah mendekati bulan suci Ramadan, tentu lokasi objek wisata tersebut harus dibersihkan.

Kendati demikian, dirinya mengaku Dispar masih mentolerir para pedagang musiman yang ada dia rea wisata Batu Angus, sedangkan mereka pedagang musiman sekali dalam setahun.

Baca juga: Warga Negeri Wakal Maluku Tengah mulai shalat tarawih puasa Ramadhan lebih awal

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022