Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sultan Baabullah Ternate, Maluku Utara, memproyeksikan arus mudik penumpang pesawat pada Idul Fitri 1443 Hijriah akan mengalami peningkatan hingga 40 persen dibanding tahun lalu.

"Kami melihat prospek peningkatan arus mudik alami peningkatan dari tahun sebelumnya, apalagi para calon penumpang akan berpergian gunakan vaksin dosis 3 sudah tidak lagi gunakan surat antigen maupun PCR," kata Plt Kepala UPBU Bandara Sultan Baabullah Ternate, Syahril Robert di Ternate, Kamis.

Menurut dia, arus mudik tahun ini bisa melonjak dari 30 hingga 40 persen dan diperkirakan para penumpang bisa mencapai hingga di atas 900 orang setiap hari pergi-datang.

Untuk itu, dalam rangka antisipasi adanya peningkatan penumpang dari dan ke Ternate, maka akan disiapkan Tim Posko melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Menjelang Idul Fitri UPBU akan menyiapkan posko angkutan mudik berlaku 25 April hingga 10 Mei 2022 untuk memberikan pelayanan mudik, pelaporan agar memberikan kenyamanan bagi pengguna jasa penerbangan saat berpergian.

Sementara itu, sebelumnya, Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Malut terus persiapkan penempatan personel untuk melakukan pengamanan saat mudik jelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022.

Dirpolairud Polda Malut, Kombes Pol Raden Djarot Agung Riadi menyatakan, pihaknya tetap siagakan seluruh personel untuk melakukan pengamanan angkutan lebaran.

Selain melibatkan personel Ditpolairud, pihaknya akan siapkan beberapa armada yang ada untuk melakukan patroli pengamanan mudik dan armada yang ada juga akan dimanfaatkan untuk melakukan patroli.

Dia mengatakan, pengamanan angkutan lebaran tersebut akan terfokus pada beberapa pelabuhan penyeberangan di Kota Ternate baik di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, pelabuhan fery hingga pelabuhan speedboad termasuk di bandara.

Djarot mengakui, penempatan personel ini, akan bergabung dengan tim operasi ketupat jelang lebaran yang dilaksanakan secara terpusat di seluruh Polda di Indonesia termasuk di Polda Malut.

"Nanti akan ada operasi ketupat, dan anggota kita akan tergabung di operasi ketupat itu, karena itu adalah operasi terpusat yang dilaksanakan di tingkat daerah," ujarnya.

Baca juga: Cuaca buruk ganggu aktivitas penerbangan ke Ternate
Baca juga: Satgas COVID-19 Ternate disiagakan di bandara dan pelabuhan sambut STQN, antisipasi corona

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022