Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, menyatakan, keberangkatan kapal membawa penumpang arus balik rute Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula tujuan Ternate, Maluku Utara (Malut) ditunda keberangkatan. Penyebabnya, karena penumpang melebihi kapasitas.

"Memang, sesuai jadwal KM Al-Kudais melayani rute antar-pulau Sanana-Ternate PP ditunda keberangkatan karena penumpang melebihi kapasitas," kata Kepala Seksi Lalulintas angkutan laut KSOP Kelas II Ternate, Djunaidi kepada ANTARA, Minggu.

Penumpang arus mudik untuk rute antar-pulau Sanana-Ternate yang akan berangkat dengan KM Al-Kudais seharusnya berangkat ke Kota Ternate pada Sabtu pukul 17.00 WIT, namun tertunda, karena padatnya penumpang ingin berangkat dengan tujuan Ternate.

Dimana, KM AL-Kudais dengan kapasitas penumpang 500 orang harus tertunda, sehingga dicarikan alternatif bagi penumpang yang tidak memiliki tiket diberikan kesempatan untuk menggunakan kapal tol laut KM Sabuk Nusantara.

Sehingga, kapal dapat bertolak ke Kota Ternate dan tiba sekitar pukul 14.00 wit di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Sebelumnya, penumpang arus mudik pengguna transportasi laut pada H-1 dari Pelabuhan Ternate ke berbagai daerah antar-pulau maupun ke luar Malut mencapai 18.365 orang.

Sedangkan penumpang arus mudik dari luar wilayah Malut yang datang ke Kota Ternate mencapai 15.592 orang yang menggunakan transportasi laut kapal Pelni maupun kapal antar-pulau rute Manado-Ternate.

Junaidi menyebut, untuk pemudik KM Dorolonda dari Ambon tujuan Ternate membawa penumpang arus mudik tiba 1 Mei 2022 dini hari, kemudian bertolak ke Bitung, Sulawesi Utara, Kapal KM Sinabung penumpang sekitar 250 orang lebih yang melakukan mudik, kemudian arus mudik ke Ternate mencapai 962 orang

Sebelumnya, kapal milik PT Pelni KM Sinabung dipadati pemudik sejak siang tadi. tercatat, sebanyak 700 orang meninggalkan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, dengan Tujuan Pelabuhan. Bitung, Sulawesi Utara, Banggai, Bau-bau, Sulawesi Tenggara, Makassar, Sulawesi Selatan dan Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Arus balik di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon masih normal hingga H+7 Lebaran
Baca juga: Maskapai di Bandara Ternate tambah penerbangan untuk arus balik Lebaran

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022