Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menonjolkan ciri khas Ternate sebagai kota rempah saat menjemput Muhibah Budaya Jalur Rempah tahun 2022 yang akan singgahi Kota Ternate 14-15 Juni 2022.

"Kami telah siapkan tim untuk menjemput tamu datang ke Ternate menggunakan Kapal KRI Dewa Ruci dan selama di Ternate akan kunjungi berbagai situs sejarah dan destinasi wisata, pentas seni dan penyediaan kuliner khas Malut," kata Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman di Ternate, Kamis.

Bahkan, untuk mematangkan penjemputan itu, Wali kota telah menggelar rapat bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat dan Lurah untuk menjadi tuan rumah yang ramah dan menonjolkan ciri khas Ternate dikenal sebagai kota rempah di Indonesia.

Olehnya itu, Pemkot Ternate akan menugaskan Dinas Pariwisata untuk bertanggung jawab menata objek wisata dan situs sejarah untuk menunjukkan kepada tamu, terkait identitas Ternate sebagai kota rempah yang dikenal sejak ratusan tahun lalu.

Baca juga: Kemendikbudristek dorong eksplorasi rempah untuk kesehatan, momentum untuk Maluku & Malut

Dimana, ekspedisi jalur rempah menggunakan KRI Dewa Ruci dengan rute Surabaya, Makassar, Buton, Kendari, Ternate, Tidore, Banda Naira, Sorong, Fak-Fak hingga Maumere akan membawa rombongan TNI, pemuda/pemudi tergabung melalui Laskar Rempah.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalulintas Angkutan Laut, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kota Ternate, Djunaidi kepada ANTARA menyatakan, salah satu tempat yang disinggahi Kapal KRI Dewa Ruci dalam rangka muhibah jalur rempah dan situs budaya di perairan Indonesia adalah Kota Ternate dan Tidore Kepulauan pada 14 hingga 15 Juni 2022.

Dirinya menyebut, sesuai surat yang diterima KSOP Ternate dari Direktorat Jenderal dan Kebudayaan, kapal tersebut memiliki rute perjalan dari Surabaya, Makassar, Buton, Ternate, Banda Naira, dan Kupang.

Oleh karena itu, Djunaidi mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan seluruh kebutuhan saat kunjungan tim Muhibah Budaya Jalur Rempah tahun 2022 akan singgahi Kota Ternate 14-15 Juni 2022 melalui pelabuhan Ahmad Yani.

Djunaidi mengatakan, sesuai jadwal, KRI Dewa Ruci setelah dari Ternate mereka bakal ke Tidore mengunjungi situs cagar budaya di kota tersebut.

Baca juga: Festival jalur rempah Banda diluncurkan tandai Muhibah Budaya 2021, begini kronologinya

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022