PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui program PLN Peduli mendukung upaya melestarikan ekosistem pesisir dengan melakukan penanaman tiga ribu bibit mangrove di lima desa di Kota Tidore Kepulauan.

"Kegiatan penanaman mangrove tersebar di lima desa di wilayah Dusun Pasigau di Desa Aketobato, Desa Somahode, Desa Oba, Desa Kusu dan Desa Balbar pada awal Juni 2022 ini merupakan bagian dari program Tanjung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN," kata Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW MMU Hermes E. Mozes Ansanay di Ternate, Jumat.

Dia mengatakan PLN terus berkomitmen mendukung pelestarian lingkungan yang sejalan dengan salah satu pilar pada Sustainable Development Goals (SDGs), yakni pilar pembangunan lingkungan.

"Upaya yang kita laksanakan bersama ini merupakan perwujudan salah satu sektor SDG's pilar pembangunan lingkungan di sektor konservasi lingkungan laut," katanya.

Baca juga: Lantamal IX tanam 1.000 anakan mangrove di Pulau Haruku, lestarikan lingkungan

Hermes menambahkan PLN juga terus berkomitmen melaksanakan transformasi dalam bidang TJSL guna mewujudkan nilai tambah bersama, antara perusahaan dan masyarakat untuk membentuk sistem yang berkelanjutan.

"Semoga dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kecamatan Oba Utara", kata dia.

Kepala Desa Balbar Amir Abdullah menyampaikan terima kasih atas dukungan PLN dalam membantu pelestarian lingkungan dengan memberikan bantuan sebanyak 200 anakan mangrove kepada masyarakat setempat.

"Alhamdulillah sudah kami terima (bantuan bibit mangrove, red.) dan dilakukan penanaman, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan pelestarian lingkungan khususnya proses penghijauan di desa kami," ujarnya.

Baca juga: Peneliti BRIN : Sampah plastik dominasi hutan mangrove Teluk Ambon, kelestarian lingkungan terancam

Ia mengakui kontribusi PLN terhadap masyarakat Desa Balbar besar karena bantuan ini juga merupakan dukungan terhadap pengembangan lokasi wisata di pantai Desa Balbar.

"Semoga bantuan ini menjadi kontribusi besar bagi kami masyarakat di desa di Balbar," kata dia.

Baca juga: Basarnas tanam 1.050 mangrove di pantai Ternate, begini penjelasannya
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022