Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara bersama Pemkot Ternate melakukan penanaman 1.050 pohon mangrove guna mengantisipasi abrasi di pantai setempat.

"Selain itu, tanaman mangrove juga merupakan tempat subur untuk berkembang biak biota laut," kata Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman turut aksi penanaman pohon mangrove dalam rangka memperingati HUT Ke-50 Basarnas Emas di Ternate, Jumat.

Penanaman pohon mangrove diadakan secara serentak oleh Basarnas pusat maupun UPT Basarnas di seluruh Indonesia, termasuk Basarnas Ternate yang melaksanakan di Pantai Kelurahan Gambesi, Kota Ternate.

Pemerintah Kota Ternate menyambut baik penanaman mangrove dengan harapan menimbulkan kecintaan masyarakat dalam menjaga lingkungan serta melindungi hutan mangrove di daerah itu.

"Dengan penyelenggaraan acara ini, diharapkan dapat memberikan kesadaran pada kita semua bahwa pentingnya menjaga ekosistem wilayah pesisir demi masa depan yang akan datang. Mari bersama kita bersinergi, saling bahu-membahu, menjaga kelestarian hutan mangrove demi menjaga lingkungan dan mampu membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat, desa, dan lingkungan di sekitarnya," katanya

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengharapkan penanaman anakan mangrove dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan habitat di daerah pantai Kelurahan Gambesi.

Hadir pada kegiatan tersebut, antara lain para pejabat di daerah setempat.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022