Golden State Warriors keluar sebagai juara NBA 2022 setelah pada game 6 final mengalahkan Boston Celtics 103-90 di TD Garden, Boston, pada Kamis malam waktu setempat. Point guard Stephen Curry yang tampil gemilang, dinobatkan sebagai pemain terbaik (MVP) NBA Finals 2022. 

Kemenangan ini merupakan trofi keempat juara NBA untuk Warrios dalam delapan musim terakhir, di bawah kepemimpinan pelatih Steve Kerr. Ini juga jadi gelar juara NBA ketujuh untuk Warriors yang didirikan di Philadelphia pada 1946, sebagai salah satu anggota awal Asosiasi Bola Basket Amerika Serikat.  Tim tersebut juga pernah merebut gelar juara NBA pertama pada musim 1946-1947.

Kemenangan ini membuat Warriors mengakhiri final berformat best of seven itu pada kedudukan 4-2, sekaligus menghentikan "kebangkitan" Boston Celtics dengan mengalahkan mereka dikandangnya sendiri.

Stephen Curry layak dinobatkan sebagai MVP NBA Finals 2022 karena memimpin timnya dengan torehan 34 poin, tujuh assist dan tujuh rebound. Ini menjadi trofi juara NBA yang juga disebut trofi Larry O'Brien, keempat Curry sejak berseragam Warriors pada 2009.

"Saya bangga sekali kepada tim kami," kata Curry seperti dikutip Reuters, Jumat.

Baca juga: Curry "meledak" dengan 43 poin, Warriors imbangi Celtics 2-2 Final NBA

Kemenangan tersebut merupakan "comeback" yang luar biasa setelah Warriors pada dua musim sebelumnya selalu gagal masuk babak playoff akibat cedera banyak pemain andalannya, seperti Klay Thompson dan termasuk Curry sendiri.

Dalam perjalanan Playoff tahun ini, Warriors telah mengalahkan Denver Nuggets yang memiliki Nikola Jokic pemegang gelar NBA MVP 2022, tim muda Memphis Grizzlies yang eksplosif dengan pemain andalan Ja Morant, dan pada final wilayah Barat menumbangkan Dallas Mavericks yang mengandalkan Luka Doncic.

Mereka menaklukkan Boston Celtics setelah lebih dulu mengakhiri perjalanan Denver Nuggets, Memphis Grizzlies dan Dallas Mavericks, dalam upaya mereka merebut kembali trofi Larry O'Brien.

"Kami sempat sangat jauh dari itu," kata Curry.

Baca juga: Celtics kalah dari Warriors di Game 4 NBA Final, Jayson Tatum: Saya seharusnya lebih baik

"Pada awal musim tidak ada yang mengira kami akan berada di sini kecuali semua orang di lapangan ini," lanjut Curry.

Pemain yang juga memegang rekor pencetak tembakan tiga poin terbanyak di NBA ini mengatakan, Warriors sempat berada pada titik terendah sebagai tim karena cedera pemain, namun berhasil bangkit lagi dengan orang-orang yang tepat.

"Anda tidak pernah bisa meraih ini begitu saja karena Anda tak pernah tahu kapan Anda akan kembali ke sini," kata anak pemain NBA Dell Curry itu.

Baca juga: Sempat dipandang remeh, Andrew Wiggins pimpin Warriors kalahkan Celtics di Game 5 NBA Final
Baca juga: Curry bilang Warriors petik pelajaran dari kuarter keempat Gim 1 final NBA saat kalah dari Celtics



 

Pewarta: Jafar M Sidik

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022