Satu penerbangan rute Jakarta - Ambon yang seharusnya mendarat di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Maluku, terpaksa dialihkan ke Bandara Sorong, Papua Barat, akibat cuaca buruk pada Selasa.

"Satu pesawat rute Jakarta - Ambon  tidak bisa mendarat di Bandara Pattimura karena cuaca buruk di Ambon, dialihkan ke bandara Sorong, Papua Barat,"kata Legal, Compliance & Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Aditya Narendra, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, penerbangan yang dialihkan karena cuaca buruk, yakni Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6170 dengan rute Jakarta (CGK) ke Ambon (AMQ). Penerbangan itu terpaksa dialihkan ke Sorong (SOQ).

"Setelah dialihkan akhirnya landing di bandara Pattimura pukul 10.55 WIT," katanya.

Baca juga: Bandara Pattimura Ambon layani keberangkatan Jamaah Calon Haji Maluku, berikan pelayanan terbaik

Terganggunya aktivitas penerbangan di Bandara Pattimura diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi, yang mengguyur Ambon sejak Senin (5/7).

"Hujan dengan intensitas tinggi membuat jarak pandang menjadi terbatas, sehingga pesawat membatalkan pendaratan sehingga dialihkan  bandara lain," ujarnya.

Ia mengakui, sesuai prosedur yang berlaku jika cuaca buruk penerbangan yang posisinya telah mendekati bandara akan dialihkan ke bandara terdekat atau apabila memungkinkan akan menunggu di udara.

"Apabila cuaca masih buruk maka pesawat dari daerah asal akan menunggu diberangkatkan sampai kondisi membaik," kata Aditya.

Meski cuaca buruk melanda Kota Ambon semua penerbangan dari Bandara Pattimura ke bandara tujuan berjalan lancar.

"Kalau penerbangan dari Bandara Pattimura semua lancar dan tidak ada yang tertunda," kata Aditya.

Baca juga: Bandara Pattimura Ambon terapkan aturan baru perjalanan domestik, begini penjelasannya
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022