Pemerintah Provinsi Maluku menggelar operasi pasar (OP) sembilan bahan pokok atau sembako di Kota Ambon untuk menekan inflasi bahan pangan, Jumat.

"Kita lakukan operasi pasar ini menindaklanjuti dari hasil rapat koordinasi kemarin itu yang dipimpin oleh Menteri Perekonomian, Menteri Keuangan, dan juga Kepala Bank Indonesia ternyata di bulan Agustus 2022 Provinsi Maluku berada pada posisi ke empat inflasi di seluruh Indonesia dan Kota Ambon berada pada posisi tertinggi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Yahya Kotta, di Ambon, Jumat.

Ia menjelaskan OP sembako merupakan tindakan jangka pendek untuk menekan inflasi. OP sembako tersebut melibatkan berbagai pihak diantaranya Perum Bulog, BI Provinsi Maluku, dan distributor bahan pangan.

Komoditi yang ditawarkan diantaranya beras Bulog dengan harga premium 11.000/Kg. Harga tersebut di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang Rp13.000/Kg. Lalu gula pasir yang HET-nya Rp14.500, dijual dengan harga Rp13.000/Kg, minyak goreng Rp13.500/liter.

Baca juga: DPRD Ambon minta Disperindag melakukan operasi pasar

Kemudian untuk komoditi cabai merah yang didukung oleh BI Maluku mendatangkan pedagang dari Namlea, Kabupaten Buru. Harga cabai di operasi pasar Rp60.000/Kg. Selain itu, ada juga telur ayam ras yang selama ini dijual di pasar Rp2.200/butir, namun di operasi pasar dijual dengan harga Rp1.900/butir.

"Puji Tuhan karena lokasi kegiatan operasi pasar sangat strategis sehingga masyarakat banyak yang berbelanja, dan bisa menikmati kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau," katanya.

Ia mengatakan ke depan pemerintah daerah akan berlangsung secara berkesinambungan.

"Nanti kita lihat perkembangannya ke depan, kalau memang itu bisa dilakukan satu bulan satu kali atau dua kali dalam satu bulan itu tergantung dari koordinasi dengan teman-teman baik itu dengan BI Maluku, Bulog Maluku, maupun teman-teman dari distributor," ujarnya.

Ia mengatakan sangat berterima kasih kepada teman-teman yang tergabung dalam tim TPID karena bisa menekan harga kebutuhan bahan pokok, dan di satu sisi masyarakat bisa menikmati dengan harga yang terjangkau.

"Dan di lain sisi bisa menekan angka inflasi di Kota Ambon maupun provinsi Maluku secara keseluruhan," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Malra gelar pasar murah dan operasi minyak tanah, jawab kebutuhan warga
Baca juga: Pemkab Malra - Bulog Tual gelar operasi pasar murah
 

Pewarta: John Soplanit

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022