Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Maluku berharap 15 dokter baru yang telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dapat memenuhi kebutuhan puskesmas di daerah ini.

“Jadi saya kira ini momen tiap kali ada sumpah dan pelantikan dokter baru adalah optimisme bahwa kebutuhan akan tenaga dokter di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di provinsi ini ke depan akan bisa terpenuhi,” kata Ketua IDI Maluku, Dr. Saleh Tualeka, di Ambon, Kamis.

Menurutnya, Fakultas Kedokteran Unpatti selalu memberikan lulusan para dokter yang baru. Hal ini menjadi jawaban akan kekurangan tenaga dokter di Provinsi Maluku yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

“Kan masyarakat masih mengeluhkan puskesmas yang tidak ada dokter. Hari ini saya kira momen yang tepat, bagaimana lulusan yang ada ini bisa terserap dan mereka mengabdi di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Maluku,” ujarnya.

Ia mengaku, saat ini, dokter umum serta spesialis menumpuk di Kota Ambon. Padahal, di daerah lain pada kabupaten/kota di Maluku, dokter spesialis dasar masih sangat dibutuhkan.

Dokter spesialis tersebut, yakni spesialis bedah, spesialis anak, spesialis kebidanan kandungan, dan spesialis penyakit dalam.

Oleh karena itu, ia berharap, dengan banyaknya dokter baru yang lahir dari Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon, dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

“Ini yang sebenarnya masih menjadi tantangan baru lagi untuk ke depan. Saya kira kalau fakultas ini juga sudah diberikan kewenangan untuk mendidik para dokter umum menjadi dokter spesialis, ini akan kembali menjawab kebutuhan pelayanan spesialistis di daerah terluar di Maluku,” katanya berharap.

Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon melantik dan melakukan Pengambilan Sumpah kepada 15 Dokter Baru yang berlangsung di Lantai III Ruang teater, Fakultas Kedokteran.

Ke-15 dokter baru itu, diambil sumpahnya dan dilantik oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon, Dr. Bertha Jean Que.

Ke-15 dokter baru ini merupakan dokter dari Fakultas Kedokteran Unpatti yang telah menjalani tahap pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun.

Hingga saat ini, jumlah dokter yang telah diluluskan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon bertambah menjadi 350 orang.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023