Ekuitas Asia naik tajam pada awal perdagangan Rabu, mengikuti reli bantuan di Wall Street dan karena data inflasi AS tidak memberikan kejutan buruk, memperkuat harapan Federal Reserve kemungkinan akan melakukan kenaikan suku bunga yang lebih kecil ketika bertemu minggu depan.

Investor menumpuk kembali ke saham di pasar AS semalam karena kekhawatiran tentang penularan di sektor perbankan menyusul runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB) pekan lalu mereda.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang terangkat 1,44 persen, setelah turun 1,7 persen sehari sebelumnya menyusul keruntuhan SVB memicu aksi jual besar-besaran oleh investor dalam beberapa sesi perdagangan terakhir.

Baca juga: Saham Asia dibuka anjlok, tertekan penurunan ekuitas perbankan

Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,33 persen pada awal perdagangan, sementara Nikkei Jepang sebagian besar datar. Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 terangkat 0,46 persen, sementara indeks Hang Seng Hong Kong meningkat 1,4 persen.

Data pada Rabu menunjukkan output industri China dalam dua bulan pertama 2023 naik 2,4 persen dari tahun sebelumnya, meningkat dari kenaikan tahunan 1,3 persen yang terlihat pada Desember. Data sedikit meleset dari perkiraan untuk kenaikan 2,6 persen dalam jajak pendapat Reuters dari para analis.

"Ini jelas didominasi oleh reli bantuan daripada kecemasan inflasi," kata Robert Carnell, kepala penelitian regional, Asia Pasifik di ING.

"Saya kira apa yang kita dapatkan adalah sektor perbankan di AS kembali ke stabilitas, dengan para deposan diberi sinyal yang cukup jelas bahwa mereka tidak akan rugi."

Investor juga lega setelah laporan inflasi AS Februari pada Selasa (14/3/2023) menunjukkan harga konsumen naik sebesar 0,4 persen, dengan kenaikan tahun-ke-tahun sebesar 6,0 persen - sejalan dengan ekspektasi para analis, karena ada kekhawatiran bahwa data yang lebih kuat dari perkiraan dapat menyebabkan Fed untuk melakukan pendakian berukuran jumbo guna melawan inflasi.

Baca juga: Saham Asia dibuka relatif stabil karena investor tunggu kesaksian ketua Fed

Baru-baru ini minggu lalu, pasar bersiap untuk kembalinya kenaikan besar Fed tetapi jatuhnya SVB dengan cepat telah mengubah ekspektasi tersebut, dengan pasar memperkirakan peluang 80 persen untuk kenaikan 25 basis poin minggu depan.

"Rasanya seperti pergerakan 50 basis poin untuk pertemuan bulan ini yang menjadi spekulasi terutama setelah komentar Powell kepada Komite Perbankan Senat. Tidak ada yang mengharapkan itu lagi," kata Carnell.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS memperpanjang kenaikan hingga jam-jam Asia setelah penurunan tajam pada awal pekan. Imbal hasil pada obligasi pemeruntah 10-tahun naik 3,8 basis poin menjadi 3,674 persen.

Baca juga: Ekuitas Asia jatuh, khawatir bank sentral terus naikkan suku bunga

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, naik 6,9 basis poin pada 4,294 persen, tetapi jauh dari puncak minggu lalu di 5,084 persen.

Di pasar mata uang, greenback tetap stabil, dengan indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam rival, di 103,64, dengan euro tidak berubah di 1,0732 dolar.

Yen Jepang melemah 0,08 persen menjadi 134,30 per dolar, sementara sterling terakhir diperdagangkan pada 1,2157 dolar, turun 0,01 persen.

Minyak mentah AS naik 1,07 persen menjadi diperdagangkan di 72,09 dolar AS per barel dan Brent menguat 0,92 persen menjadi diperdagangkan pada 78,16 dolar AS per barel.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Saham Asia dibuka menguat, khawatir kenaikan Fed dan krisis bank reda

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023