Ulama asal Maluku Arsal Tuasikal membagikan tips berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadhan dari Nabi Muhammad yang sehat dan mengenyangkan.

"Nabi itu buka puasa di awal waktu dan sahur di akhir waktu atau 30 menit menjelang adzan subuh," ujarnya saat dihubungi dari Ambon, Rabu.

Menurutnya berdasarkan hadist dan Sirah Nabawiyah (kisah sejarah nabi) diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad selalu memperbanyak meminum air putih dengan suhu normal dan memakan tiga butir kurma saat berbuka puasa.

"Ternyata setelah diteliti kurma memiliki beragam kandungan nutrisi dan rasa manis yang alami. Sedangkan mengonsumsi air putih yang cukup dapat mengembalikan cairan tubuh tanpa kandungan gula yang berlebihan," kata dia menjelaskan 

Dia melanjutkan diriwayatkan juga setelah shalat maghrib Nabi Muhammad gemar menyantap buah-buahan seperti labu dan mentimun.

"Baru setelah tarawih Nabi makan makanan berat berkuah yang mengandung asupan protein dan karbohidrat yang cukup," ucapnya.

Kemudian kata dia pada waktu sahur, 30 menit jelang adzan subuh Nabi juga memakan makanan yang mengandung serat, protein, dan karbohidrat yang cukup.

"Ada daging, roti, dan susu, tentu kandungan gizinya lebih dari cukup," ungkapnya.

Arsal Tuasikal mengatakan saat berpuasa seperti sekarang ada baiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, dan kalsium seperti yang dikonsumsi Nabi Muhammad agar daya tahan tubuh terjaga serta bisa mencontohnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023