Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri menilai sistem pelayanan yang dilakukan di jajaran Polda Maluku sangat baik dengan nilai di atas 80 persen.

“Hasil kerja tim penelitian yang dilakukan pada lima Polres jajaran Polda Maluku dikategorikan masih sangat baik dengan nilai di atas 80 persen,” kata Ketua Tim Puslitbang Polri Saefudin Mohamad, di Ambon, Jumat.

Saefudin mengatakan secara umum pelayanan Polda Maluku sudah baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan yang harus dibenahi.

"Hasil penelitian di lapangan kami menilai secara umum satuan jajaran Polda Maluku sudah baik, namun ada beberapa hal yang perlu juga dibenahi dan ditingkatkan, seperti pelayanan disabilitas, kehadiran anggota lalu lintas dan Bhabinkamtibmas," jelas Saefudin.

Baca juga: Kapolri mutasi tiga pejabat utama di lingkup Polda Maluku

Untuk fungsi pembinaan masyarakat (Binmas), kata dia, tim Puslitbang Polri berharap agar kegiatannya dapat ditingkatkan karena respon masyarakat terhadap fungsi tersebut masih ada yang minim.

Selain Binmas, ujar dia, fungsi lalu lintas yang berada di jajaran Polda Maluku juga perlu ditingkatkan karena respon masyarakat terkait penanganan kecelakaan lalulintas masih agak lambat.

"Sehingga kesimpulan dari kami harus segera dibenahi pelayanan dan kegiatannya. Namun secara umum kami menilai bahwa Polda Maluku masih sangat baik dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif menyambut baik hasil penelitian yang telah disampaikan tim Puslitbang Polri.

Baca juga: Kapolda Maluku perintahkan tangkap pemerkosa di Banda Neira

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi hasil penelitian dari tim Puslitbang Polri terhadap Polda Maluku," kata Kapolda.

Kapolda juga mengakui kalau penelitian yang dilakukan itu merupakan hal baik dalam pengukuran tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Polri.

"Untuk diketahui rekan-rekan sekalian bahwa Polda Maluku masih kekurangan personil, padahal wilayah hukum Polda Maluku merupakan wilayah kepulauan yang mana jalur transportasi sangat terbatas," ujarnya.

Kapolda berharap dengan hasil penelitian tersebut bisa diteruskan ke Mabes Polri agar dapat dilakukan evaluasi dalam memajukan Polda Maluku ke depan.

"Saya juga titipkan kepada tim Puslitbang agar disampaikan kepada Mabes Polri agar bisa ditambahkan kuota anggota Polri untuk Polda Maluku, dan penambahan peralatan yang cocok untuk wilayah kepulauan," harapnya.


Baca juga: Kapolda Maluku tidak persoalkan kritikan pencopotan dirinya

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023