Sejumlah pedagang jilbab di pusat perbelanjaan Maluku City Mall (MCM) Ambon, Maluku mengaku mengalami peningkatan penjualan dalam 10 hari pertama pada bulan suci Ramadhan 1444 hijriah.

"Kalau Ramadhan memang lebih ramai dari biasanya, karena kan banyak muslimah yang berlomba pakai jilbab," ujar salah satu pedagang jilbab Ina di Ambon, Selasa.

Ina menjelaskan sebelum bulan Ramadhan pemasukan penjualan jilbab, mukena dan peralatan shalat bagi wanita di tokonya hanya Rp1 juta setiap harinya.

Namun saat memasuki bulan Ramadhan hingga 10 hari belakangan penjualan di tokonya bisa mencapai paling sedikit Rp2 juta.

"Paling sering bisa mencapai Rp2 juta bahkan Rp5 juta selama Ramadhan," kata dia menjelaskan.

Ia mengatakan peningkatan pesat pada tokonya tersebut biasanya terjadi pada 10 hari menjelang Idul Fitri.

Fenomena baju baru saat Idul Fitri pun dimanfaatkannya untuk melakukan promosi pada setiap pengunjung MCM.

"Kalau 10 hari menjelang Idul Fitri itu bisa sampai Rp10 juta pe rhari, karena pasti mereka juga cari jilbab  dan mukena yang baru kan," kata dia menjelaskan.
 
Tenant Azman Collection di Maluku City Mall (MCM) juga menjual sarung untuk perlengkapan shalat pria (Antara/DedyAzis)


Sementara itu penjual jilbab lainnya, Asmaul mengatakan pada Ramadhan 2023 jilbab jenis syar'i banyak diminati di Kota Ambon. Harga yang dipatok pun Rp180 ribu untuk jilbab jenis tersebut.

Sementara untuk jilbab yang umum dipakai seperti jilbab jenis Paris dan bela dipatok mulai dari Rp35 ribu saja.

"Kalau untuk mukena dewasa sendiri harganya Rp600 ribu, dan masih bisa ditawar," ujar Asmaul.

Tak sulit untuk menemukan toko jilbab tersebut, dari pintu depan MCM pengunjung tinggal berjalan ke arah kanan menuju lorong tengah ke Toko Azman Collection.

Selain peralatan shalat untuk wanita, Azman Collection juga menjual baju Koko untuk dewasa dan anak yang tentunya dibanderol dengan harga terjangkau.

Jilbab dan busana muslim di toko itu dipasang rapi ke patung atau manequin yang sudah dijajarkan pada rak dinding yang sudah disediakan.

Berbagai motif, corak, dan model pun bisa menjadi pilihan bagi muslimah yang ingin membeli baju baru untuk Idul Fitri nanti.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023