Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeu Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, terus berbenah menyambut wisatawan domestik maupun mancanegara yang terus meningkat setelah menerima penghargaan kategori homestay terbaik di ajang ASEAN Tourism  Award 2023.

"Berbagai upaya dilakukan untuk menyambut kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Ngilngof terutama di kawasan Pantai Ngurbloat," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Ngilngof, Ronald Tethool di Ambon, Minggu.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni melakukan pelatihan kepada para pengelola homestay dan cottage di kawasan Pantai Ngurbloat.

Selain itu dilakukan peningkatan sarana homestay dan cottage mengikuti standar nasional yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Seluruh upaya dilakukan karena Desa Wisata Ngilngof meraih penghargaan kategori homestay terbaik di ajang ASEAN Tourism Award 2023-2025," katanya.

Saat ini sumber daya manusia (SDM) pengelola homestay didominasi masyarakat lokal yang dilatih, sementara 20 persen lainnya memiliki latar belakang pendidikan bidang pariwisata.

Homestay di Desa Wisata Ngilngof mayoritas berupa cottage. Desa Wisata Ngilngof memiliki 57 cottage yang terbagi atas 42 homestay di lokasi wisata pantai Ngurbloat dan 15 lainnya berada di area permukiman warga.

Di kawasan wisata Pantai Ngurbloat terdapat 42 kamar yang terdiri atas kamar dengan fasilitas non AC dan 10 kamar yang AC.

Ia mengakui, peningkatan kunjungan wisatawan tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan untuk mempromosikan Desa Wisata Ngilngof kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Upaya promosi yang telah dilakukan dioptimalkan melalui media sosial Facebook, Instagram dan YouTube , juga melalui mitra kerja yang saling bantu promosi ditunjang berbagai inovasi di Pantai Ngurbloat.

ASEAN Tourism Award adalah bentuk apresiasi atas upaya yang dilakukan pelaku pariwisata untuk menghadirkan destinasi wisata yang unggul dan berkualitas sehingga diharapkan ASEAN mampu menjadi single destination.

Indonesia berhasil meraih 20 penghargaan dalam empat kategori, yaitu The 2nd ASEAN Public Toilet Award 2023-2024, The 2nd ASEAN Spa Service Award 2023-2025, The 3rd ASEAN Community Based Tourism Award 2023-2025, dan The 4th ASEAN Homestay Award 2023-2025

Penghargaan The 4th Asean Homestay 2023 - 2025 diraih Desa Wisata Ngilngof, desa Wisata Dieng Kulon, Nusa, Malangga dan desa Wisata Undisan.

Desa Wisata Ngilngof menjadi yang teratas dalam penghargaan The 4th ASEAN Homestay Award 2023-2025. Desa Wisata Ngilngof terkenal akan Pantai Ngurbloat.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023