Ambon (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu mengajak seluruh masyarakat di provinsi ini untuk "manggurebe" (berlomba-lomba) membangun daerah demi kejayaan dan kesejahteraan generasi penerus pada masa mendatang.

Gubernur mengemukakan hal itu dalam acara peringatan HUT ke-66 Provinsi Maluku, yang dilaksanakan di halaman belakang Kantor Pemerintah Provinsi Maluku di kota Ambon, Jumat.

"Seiring bertambahnya usia provinsi Maluku, banyak sudah pembangunan yang dilaksanakan namun belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehubungan dengan itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama pemerintah bekerja keras, mari kita "manggurebe" maju membangun negeri ini," katanya.

Menurut Ralahalu, berkembangnya pembangunan di suatu daerah tidak semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah setempat, dan hanya bisa berhasil bila didukung oleh semua komponen masyarakat yang tinggal di dalamnya.

"Semagat "Orang Basudara" dalam filosofi "Pela dan Gandong" adalah spirit etika budaya Mauku, yang menunjukkan bahwa kita memiliki cita cita bersama untuk membangun negeri ini ke arah lebih maju dan membawa kesejahteraan bagi seluruh warga masyarakat," katanya.

Ditegaskannya, Maluku bersatu dalam NKRI merupakan harga mati, mengingat posisinya sebagai satu dari delapan provinsi yang lahir setelah dua hari Indonesia merdeka.

"Inilah sumber hukum yang kuat dalam menghikmati keberadaan Maluku yang tidak mungkin dapat dipisahkan dari wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Pada kesempatan peringatan HUT Provinsi itu Gubernur Ralahalu juga menyerahkan piala dan pengharagaan kepada pemenang lomba displin dan kebersihan Satuan Kerja Perangkat  Daerah (SKPD) lingkup pemprov Maluku.

RSUD Tulehu, kecamatan Sirimau Kabupaten Maluku Tengah, keluar sebagai pemenang juara pertama sekaligus merebut piala bergilir Gubernur Maluku, disusul Dinas Kesehatan Provinsi Maluku juara ke dua dan Biro Organisasi Setda Maluku juara tiga.

Pantauan ANTARA, acara peringatan HUT Maluku tahun ini cukup sederhana, hanya dihadiri pegawai negeri sipil termasuk sejumlah kepala dinas Pemprov,  Pangdam XIV/Pattimura Majen TNI Suharsono, Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI RD Prihanggono, dan Danlanud Pattimura Kolonel Trisno Hendardi.

Tahun-tahun sebelumnya, acara peringatan berlangsung meriah dan dihadiri ribuan warga masyarakat.

Bertindak selaku inspektur upacara Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, sedangkan komandan upacara di percayakan kepada Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) AR Renuart.

Pewarta: Stefano Lilinger

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011