Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku  mendeklarasikan kirab bendera partai politik peserta Pemilu 2024 dengan tema Pemilu sebagai sarana integritas bangsa. 

 

Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, kegiatan hari ini semata-mata adalah bagian dari KPU untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat kepada pemilik bahwa kita sudah memasuki tahapan Pemilu serentak  2024.

 

“Untuk Provinsi Maluku, proses Kirab Pemilu kita mulai dari Kabupaten SBT menuju Kabupaten Maluku Tengah. Setelah itu KPU Provinsi Maluku akan menyerahkan kirab Pemilu ke Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Rifan di Ambon, Rabu. 

 

Ia mengaku, KPU RI juga telah melaksanakan pelayanan pendaftaran peserta pemilu dan telah menetapkan 18 Partai Politik peserta pemilu yang akan mengikuti Pemilihan Umum pada  14 Desember 2022. 

 

“Kirab Pemilu ini juga adalah bagian untuk mensosialisasikan atau menginformasikan kepada masyarakat bahwa sudah ada penetapan peserta pemilu 2024,” ujarnya.

 

Ia berharap, pelaksanaan Pemilu sebagai sarana demokrasi bangsa dapat berjalan dengan baik. Mulai dari tahapan sampai pada proses pemilihan nanti.

 

“Tentu dukungan dari semua pihak baik TNI-POLRI,  Pemerintah Daerah, Tokoh Agama, Tokoh  Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta Pimpinan Partai Politik sangat penting dan menentukan jalannya proses Pemilihan Umum serentak Tahun 2024,” ucap Rifan.

 

Ketua KPUD Kabupaten SBT, Kisma Kelian juga membacakan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

 

Yakni, mewujudkan Pemilu Tahun 2024 Sebagai Sarana Integritas Bangsa, melaksanakan Pemilu Tahun 2024 Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Secara Adil.

 

Melaksanakan Pemilu 2024 Yang Berintegritas dan Bertanggung Jawab Terhadap Proses dan Hasil, dan mewujudkan Pemilu Tahun 2024 Untuk Memajukan Kesejahteraan Umum dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

 

Kirab ini bertempat di Kantor KPUD Kabupaten SBT, Jln Air Kabur-kabur, Desa Adm. Wailola, Kecamatan Bula, Kabupaten SBT.

 

Situasi Kamtibmas juga termonitor aman terkendali dengan mendapat Pengamanan terbuka maupun tertutup oleh  Polres SBT sebanyak 77 Personel.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023