TNI melalui Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura membangun rumah korban konflik di Ohoi (Desa) Ngurdu Maluku Tenggara lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116.

"Ada dua tempat pelaksanaan TMMD di wilayah Kodam XVI/Pattimura, yaitu di Kodim 1503/Tual dan Kodim 1512/Weda, sasarannya pun bukan hanya fisik saja namun juga non fisik," ujar Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Ruruh A Setyawibawa melalui keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Jumat.

Hal itu disampaikannya dalam upacara pembukaan TMMD ke-116 tahun anggaran 2023 di Maluku tenggara (Malra).

Menurutnya program TNI Manunggal Membangun Desa adalah kelanjutan Program ABRI Masuk Desa (AMD), yang telah dimulai pada 1980.

Selama 43 tahun, program lintas sektoral ini dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Lembaga Pemerintah Kementerian dan Non Kementerian serta komponen masyarakat ini, telah dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Mudah-mudahan kehadiran Gubernur, Saya dan Forkopimda lainnya dapat memberikan semangat kepada semua pihak yang terlibat TMMD 116 2023," katanya.

Diharapkannya melalui program TMMD tersebut masyarakat langsung dapat merasakan dampaknya demi kesejahteraan sosial.

Sementara itu Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun selaku inspektur upacara resmi membuka TMMD Ke-116 2023 dengan pemeriksaan pasukan, pembacaan laporan kesiapan, penandatanganan naskah berita acara, penyamatan tanda peserta dan penyerahan Toolkit TMMD ke-116 Ta. 2023 secara simbolis.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023