Empat Kapal Perang Indonesia (KRI) milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) disiagakan saat  kunjungan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin ke Maluku Utara (Malut) ketika  bertolak dari Ternate menuju pelabuhan Trikora Tidore.

Danlanal Ternate, Kolonel Mar Ridwan Aziz dihubungi, Selasa, mengatakan, untuk empat armada KRI yang melayani sekaligus pengamanan laut selama kunjungan Wapres di Tidore dan Ternate tersebut masing-masing adalah, KRI Dorang, KRI Tatihu dan KRI Albakora dan KRI Teluk Wondama.

Bahkan, saat ini, KRI yang melayani Wapres selama kunjungan di Malut dua diantaranya sudah berposisi di pelabuhan Ternate yakni KRI Dorang dan KRI Albakora dan KRI Tatihu dan KRI Teluk Wondama sementara dalam perjalanan ke Kota Ternate.

Kolonel Mar Ridwan Aziz mengatakan, untuk rencana kunjungan RI 2 di Kota Ternate dan Tidore, Mabes AL tetap mendukung dengan mengerahkan tiga KRI yang saat ini bermarkas di Armada III Sorong.

"KRI yang disiapkan untuk melayani Wapres dalam melaksanakan kegiatan di Malut itu akan digunakan untuk pengamanan dan pelayanan selama Wapres dari Kota Ternate ke Tidore Kepulauan," kata Ridwan.

Menurut Ridwan, KRI ini merupakan kapal perang yang digunakan untuk melaksanakan patroli cepat di wilayah perairan.

Dia menyebut, awalnya ada tiga KRI tersebut disiagakan, tetapi, Mabes AL  juga mempersiapkan satu KRI lain yang merupakan kapal angkut yakni KRI Teluk Wondama yang akan melayani Wapres saat bertolak dari Ternate ke Tidore.

"Sesuai hasil koordinasi terakhir antara Paspampres dengan Mabes AL  kemungkinan bisa saja menggantikan KRI untuk melayani Wapres dan rombongan saat bertolak dari Ternate," katanya.

Ridwan menjelaskan, untuk tiga KRI yang merupakan kapal patroli itu, jika menjadi kapal yang dipakai maka akan menggunakan dua kapal untuk melayani rombongan sementara 1 kapal akan menjadi kapal patroli.

Sementara KRI Teluk Wondama yang menjadi kapal untuk melayani Wapres, kata Ridwan, maka kapal tersebut akan melayani semua rombongan baik rombongan Wapres maupun Forkompimda dalam satu kali trip atau perjalanan.

Danlanal menambahkan, semua kapal yang nantinya akan dipakai untuk melayani kehadiran Wapres di Ternate akan tetap dilakukan sterilisasi oleh Paspampres maupun dari TNI-AL dan kapalnya masih dalam perjalanan dari Sorong ke Kota Ternate, jika sudah ada kepastian maka akan di sterilisasi sebelum digunakan untuk melayani Wapres RI.

Wakil Presiden  Ma’ruf Amin dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara pada 10-12 Mei 2023.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Malut Rahwan Suamba mengatakan  kunjungan Wapres di Malut  akan meninjau berbagai fasilitas seperti Benteng Oranje, Seminar rempah dan tokoh Enrique serta berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023