Ambon (Antara Maluku) - Proyek air bersih bantuan Menteri Pekerjaan umum (PU) Djoko Kirmanto kepada masyarakat Aboru, Pulau Haruku, kabupaten Maluku Tengah senilai Rp2 miliar diprogramkan rampung pada pertengahan Desember 2011.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek air bersih Dinas PU Maluku, Sandy Wattimena di Ambon, Selasa, mengatakan pelelangan telah selesai dan saat ini material dipasok ke Aboru untuk merealisasikan pembangunan diprogramkan rampung pertengahan Desember mendatang.

"Kami usahakan sebelum penyelenggaraan perayaan Natal Aboru sedunia nanti proyek air bersih tersebut sudah rampung dan dimanfaatkan untuk event keagamaan itu, ujarnya.

Proyek yang diberikan Menteri Djomo Kirmanto atas permintaan warga Aboru saat kunjungannya ke sana pada 19 Agustus 2011 adalah membangun dua penangkap air, reservoir, pipa dan kran - kran air.

Air bersih dengan memanfaatkan tenaga surya tersebut diprogramkan kapasitasnya lima liter per detik.

"Jadi air bersih tersebut diprogramkan untuk memenuhi kebutuhan warga Aboru, baik di desa induk maupun dusun Nairayu," kata Sandy.

Menteri Djoko Kirmanto dalam kunjungan ke Aboru juga meyanggupi penambahan anggaran Rp17,7 miliar untuk menuntaskan pembangunan jalan setempat yang dikeluhkan warga setempat.

"Saya tambah lagi Rp17,7 miliar, dari yang telah dialokasikan sebelumnya agar menjawab keresahan masyarakat, terutama saat cuaca ekstrim yang mengakibatkan gelombang maupun intensitas angin tinggi sehingga sulit berlayar," katanya.

Kesanggupan Menteri PU tersebut menjawab aspirasi masyarakat setempat yang disampaikan Marthen Saiya karena bila jalan di Aboru terkoneksi dengan jalan lingkar pulau Haruku, maka bisa memanfaatkan kendaraan ke desa Haruku guna melanjutkan pelayaran dengan speedboat ke desa Tulehu, pulau Ambon.

"Jalan Aboru yang dirintis pembangunannya sejak 2004 hingga saat ini ternyata tidak bisa dinikmati masyarakat dengan bukti telah diaspal maupun hotmix," ujar Marthen.

Menteri PU berkunjung ke Aboru didampingi Wakil Menterinya, Hermanto Dardak juga menyertai Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal yang juga  menyerahkan proyek rekonstruksi satu unit SD di desa tersebut.

Penyerahan rekonstruksi SD senilai Rp1,04 miiar tersebut diserahkan kepada Wagub Maluku, Said Assagaaf, selanjutnya diberikan kepada Penjabat kepala Desa Aboru, Buce Saiya.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011