Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) menyatakan hingga  hari ke-13 pendaftaran Bakal Calon (Balon) legislatif yang dibuka sejak 1 Mei, sebanyak 14 nama balon DPD-RI dapil Malut telah mendaftar ke KPU setempat.

"Untuk 14 nama Balon DPD RI Dapil Malut tersebut diantaranya, Helmi Umar Muchsin, Hidayatullah M. Sjah, Ikbal Hi. Djabid, Makmurdin Mus, Namto Roba, Natali Defita Pasimanjeku Rivai Umar, Rosiana Syarif, Sahrani Somadayo, Sarka Eladjouw, Sudjud Siradjuddin, dan Sugeng Cahyono, Privco Sebastian Bitjoli dan R. Graal Taliawo," kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Malut  Buchari Mahmud dihubungi di Ternate, Minggu.

Dia mengatakan hingga saat ini terdapat sejumlah nama calon anggota DPD-RI dapil Malut yang belum mendaftar yakni Hasbi Yusuf, Salu Ajam dan Sahrin Samad.

Menurut dia, tiga nama balon anggota DPD-RI yang belum mendaftar yakni Sahrin Hamid, Hasby Yusuf dan Sallu Ajam, tetapi berdasarkan informasi mereka akan mendaftar hari ini.

Dijelaskan Buchari, berkas dari 14 nama Balon DPD dan 5 parpol yang sudah terdaftar  bersifat ada dan lengkap serta menunggu keabsahan dalam tahap verifikasi administrasi yang  dilakukan pada 15 Mei sampai dengan 23 Juni 2023.

"Dalam verifikasi administrasi nanti akan dilakukan klarifikasi dari KPU Malut soal sejumlah dokumen yang belum lengkap, contohnya seperti ada tanggapan dari masyarakat atau ada dokumen lain yang perlu kita klarifikasi kepada para pihak nanti jika ada," ujar Buchari.

Sementara itu, untuk Partai Politik (Parpol) saat ini sudah mendaftar ke KPU Malut untuk mengikuti Pemilu 2024 sebanyak lima parpol.

Lima parpol yang sudah mendaftarkan kader terbaiknya yakni PDIP, PKS, PPP, PAN dan Hanura. Otomatis masih tersisa 12 Parpol dari 17 Parpol, yang akan membludak ke KPU Malut di sisa waktu satu pada  Minggu 14 Mei 2023.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023