Peserta Kongres Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) berkesempatan berlayar mengelilingi Teluk Ambon dan menikmati keindahan teluk dari kapal FerI Tanjung Sole.

Kegiatan berlayar mengelilingi Teluk Ambon merupakan rangkaian kegiatan penutupan kongres ke XII GAMKI di Kota Ambon, Kata Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, penutupan kongres para peserta diajak mengelilingi Teluk Ambon yang merupakan ikon Kota Ambon sekaligus memperkenalkan pariwisata Maluku khususnya Kota Ambon.

"Saya berharap kehadiran peserta GAMKI di Ambon bisa menjadi corong untuk memberitakan hal baik sekaligus mempromosikan pariwisata Kota Ambon dan Provinsi Maluku kepada masyarakat luar," katanya.

Wagub juga berharap, kehadiran GAMKI bukan hanya ada saat kegiatan kongres tetapi hadir setiap saat untuk menyuarakan hak masyarakat.

Baca juga: Wagub Maluku harap Kongres GAMKI hasilkan keputusan berskala nasional

GAMKI harus mampu memainkan peran jangan hanya menjadi lilin kecil tetapi upayakan menjadi matahari yang mampu menerangi sekeliling, yakni mampu memainkan peran meningkatkan akhlak dan moral bangsa.

"GAMKI juga harus mengakomodir dan menjadi inspirator bagi OKP lain untuk suarakan hak-hak masyarakat baik hak adat maupun hak ulayat masyarakat," kata Wagub.

Ketua DPP GAMKI terpilih, Sahat Sinurat juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi seluruh peserta kongres yang datang dari berbagai daerah

"Secara khusus kami menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan kongres, DPD GAMKI Maluku, pemerintah daerah dan seluruh pihak yang telah membantu terlaksana kegiatan," katanya.

Penutupan kongres ke XII GAMKI dilaksanakan di atas KMP Tanjung Sole diikuti seluruh peserta Kongres dihadiri perwakilan dari 220 DPC dan 28 DPD di Indonesia.

Baca juga: Pelaksanaan Kongres XII GAMKI di Ambon ditunda menjadi 13-18 Mei 2023

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023