Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Ambon melalukan seleksi pemilihan Jujaro dan Mungare atau pemuda dan pemudi Kota Ambon tahun 2023.

"Tahun 2023 kita kembali menggelar pemilihan Jujaro dan Mungare kota Ambon, yang dimulai dengan tahapan seleksi administrasi sebanyak 30 finalis yang akan mengikuti karantina di salah satu hotel  mulai Rabu (24/5), " kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Ambon, Rico Hayat, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, dari 54 peserta yang mendaftar diseleksi menjadi 30 peserta yang akan menjalani karantina 24- 26 Mei 2023, dan puncak pemilihan Jujaro Mungare pada Jumat (26/5).

Pemilihan jujaro Mungare  2023 dengan tema  menciptakan generasi milenial Kota Ambon yang adaptif terhadap digital tourism, ditujukan kepada peserta dengan kriteria usia 19-25 tahun.

Finalis Jujaro dan Mungare Kota Ambon 2023  wajib membuat video reels di Instagram dengan memilih salah satu tema, yaitu destinasi wisata,  kuliner atau atraksi budaya di Kota Ambon. 

Voting Qris dan like pada video reels para finalis akan diakumulasikan dengan penilaian dewan juri juara untuk menetapkan Juara Jujaro dan Mungare Kategori Favorit Sosial Media Kota Ambon Tahun 2023.

Pihaknya kata Rico juga menggandeng Bank Indonesia (BI) dalam penggunaan QRIS untuk melakukan voting kepada para finalis yang dapat dilihat pada akun media sosial resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon.

Ada dua penilaian voting yang dilakukan yakni melalui Qris pada foto finalis yang telah di bagikan pada media sosial Disparbud Ambon, dan juga video reels yang dibuat para finalis.

Ia menjelaskan, setelah proses penilaian melalui platform online dan penilaian dewan juri maka akan memilih 10 besar finalis yang akan menyandang predikat Juara Jujaro Mungare Kota Ambon Tahun 2023, 

Selain itu Jujaro Mungare berbakat, Jujaro-Mungare Favorit Sosial Media Kota Ambon Tahun 2023.

"Selanjutnya enam besar finalis akan dinilai dengan menjawab pertanyaan juri dan memperebutkan predikat juara, dan untuk kategori berbakat dan sosial media dipilih dari finalis  yang masuk 10 besar," kata Rico.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023